Cara monitoring penggunaan storage, memory dan user login ubuntu server pada aplikasi cacti


Masih tentang monitoring dan tulisan ke empat ini merupakan kelanjutan dari tutorial sebelumnya yang berjudul:
  1. Tutorial instalasi cacti di Ubuntu Server
  2. Tutorial konfigurasi SNMP client di Ubuntu Server
  3. Tutorial network monitoring ubuntu server dengan cacti
kali ini saya akan membahas bagaimana menambahkan monitoring penggunaan storage, memory dan user yang login ke dalam Ubuntu server menggunakan cacti. Host yang di monitoring masih sama dengan host yang saya gunakan pada tulisan nomer 3, yang beralamat 192.168.0.249, sehingga saya tidak perlu lagi melakukan konfigurasi ulang pada host tujuan (yang di monitoring).

Sebelum saya dapat melakukan konfigurasi di aplikasi cacti, tentu saja anda harus login dulu lalu di bagian menu sebelah kiri, klik menu devices:


maka akan terlihat list device yang di monitoring seperti berikut ini:


disitu anda melihat bahwa ada server6 dan localhost (devices yang sudah saya monitoring), kemudian saya pilih server 6, sehingga muncul tampilan konfigurasi server6 seperti berikut:


Setelah itu scroll ke bawah sehingga anda melihat tampilan konfigurasi seperti berikut di bawah ini:

sekarang saya akan menambahkan template untuk monitoring penggunaan storage, maka pada menu Associated Data Queries pada bagian Add Data Query saya pilih Unix - Get Mounted Partitions seperti gambar di bawah ini:


setelah itu klik add, sehingga hasilnya seperti berikut:

untuk menambahkan template monitoring user login dan monitoring penggunaan memory silakan lihat menu di atasnya pada tabel Associated Graph Templates seperti pada gambar di bawah ini:



Pada Add Graph Template pilih Unix-Logged In Users lalu klik tombol add di pojok kanan bawah seperti gambar berikut:







Tambahkan juga graph template untuk penggunaan memory dengan memilih Linux-memory usage seperti gambar di bawah:






setelah itu add sehingga hasilnya terlhat seperti gambar di bawah ini:




setelah itu silakan klik tombol save di tombol pojok kanan bawah untuk menyimpan tambahan template graph tersebut. Apabila berhasil maka di atas akan muncul notifikasi seperti berikut:



Setelah itu, klik menu Create Graph for this host di atas sebelah kanan maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, untuk pembuatan grafik monitoring penggunaan memory, media penyimpanan dan pencatatan user yang login.


kemudian klik opsi yang akan di monitoring (storage, user logged in dan memory usage) seperti berikut:


kemudian klik create, kemudian saya diminta untuk memilih warna untk grafik user yang login seperti berikut:


Saya tidak merubah apapun, lalu klik tombol create, jika grafik monitoring berhasil dibuat, maka akan tampil notifikasi di bagian atas seperti berikut:



Untuk melihat hasilnya, saya klik menu graph di bagian kiri atas:




kemudian klik host yang saya tambahkan grafik monitoringnya (server6) di menu sebelah kiri:

Tunggu beberapa saat, maka akan muncul grafik monitoringnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:



jika anda mendapati tampilan seperti di atas, maka anda berhasil melakukan konfigurasi dan pemasangan monitoring penggunaan memory, media penyimpanan dan user yang login ke dalam server melalui aplikasi cacti. Selamat mencoba dan semoga membantu. Pada tutorial berikutnya saya akan tuliskan bagaimana melakukan monitoring mikrotik lewat cacti.

Cara monitoring penggunaan storage, memory dan user login ubuntu server pada aplikasi cacti Cara monitoring penggunaan storage, memory dan user login ubuntu server pada aplikasi cacti Reviewed by Himawan Mahardianto on November 27, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.