Cara konfigurasi cacti untuk monitoring jaringan windows host

Karena saya masih asyik mengeksplorasi cacti dan monitoring, maka tutorial yang saya posting pun masih berkutat di network monitoring, semoga pembaca tidak bosan ya? Panduan yang saya tuliskan ini membahas bagaimana cara menambahkan host windows untuk di monitoring jaringannya melalui aplikasi cacti.

Tutorial ini merupakan kelanjutan dari beberapa tutorial sebelumnya yaitu:
Pertama tentu saja saya harus memastikan bahwa server cacti bisa berkomunikasi dengan target hosts, caranya menggunakan test ping antara target host dan cacti. Setelah itu saya harus login ke dalam cacti, kemudian setelah berhasil login saya memilih menu devices:

lalu akan muncul list devices yang sudah di daftarkan untuk di monitoring seperti di bawah ini:
karena saya mau menambahkan devices baru, tentu saja saya klik menu Add di pojok kanan atas windows devices. Setelah itu saya diarahkan ke menu konfigurasi devices baru. Saya buat konfigurasi devices baru (windows 10) tersebut seperti berikut ini:

Saya samakan SNMP community di konfigurasi cacti di atas sesuai dengan SNMP community yang saya buat di target host, kemudian target host yang akan saya tambahkan, saya beri nama windows. Kemudian klik create, setelah berhasil menambahkan devices baru akan ada notifikasi seperti di bawah ini:

Jika tampilan di komputer anda sama dengan tampilan dengan gambar di atas, itu berarti Devices berhasil ditambahkan di aplikasi cacti, langkah selanjutnya adalah membuat graph untuk devices ini. Masih tetap di halaman yang sama, saya kemudian klik menu Create Graph for This Host di pojok kanan atas, kemudian akan muncul menu konfigurasi graph yang akan di buat:



dari gambar di atas, nampak seluruh interfaces jaringan yang bisa di monitoring oleh cacti, saya pilih nomer 4 (192.168.2.13) kemudian klik tombol create di pojok kanan bawah. Jika berhasil dibuat, maka akan ada notifikasi seperti gambar berikut ini:


setelah itu saya akan buat graph tree baru untuk menampung grapfik yang barusan di buat. Saya kembali ke menu utama di sebelah kiri, lalu klik Graph tree:


Setelah itu akan muncul list graph tree yang sudah dibuat seperti berikut ini:


Saya buat folder Graph Tree baru dengan menekan tombol Add di pojok kanan atas, lalu setelah muncul windows konfigurasi saya buat konfigurasinya seperti berikut:

Saya buat folder di graph tree dengan nama client, lalu klik create. Kemudian di bawah akan muncul Tree items seperti gambar berikut:


kemudian pada menu Tree Items klik Add di pojok kanan, setelah itu akan muncul windows tree items, kemudian saya buat konfigurasi grafiknya seperti berikut:



Maksud menu di atas adalah untuk menambahkan Host yang mau ditampilkan grafiknya lewat folder Client pada graph Tree, setelah itu klik tombol create. Jika berhasil disimpan konfigurasi penambahan itemsnya, maka akan terlihat seperti berikut:


Lihat pada bagian menu Tree Items, telah muncul host yang bisa dilihat grafiknya. Untuk mengetest, apakah items (Windows) tersebut muncul di graph tree, maka silakan klik Tab Graphs di atas:


maka di samping kiri akan muncul tree folder client dan item host yang di monitoring:


Tunggu beberapa saat agar aplikasi bisa melakukan colecting data, maka hasilnya akan terlihat seperti berikut:


Mudah bukan melakukan konfigurasi cacti untuk monitoring jaringan windows client. Pada tulisan selanjutnya saya akan bahas bagaimana cacti juga bisa digunakan untuk melakukan monitoring pemakaian storage dan CPU di windows host selain untuk monitoring jaringan. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung.
Cara konfigurasi cacti untuk monitoring jaringan windows host Cara konfigurasi cacti untuk monitoring jaringan windows host Reviewed by Himawan Mahardianto on November 28, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.