Cara mengaktifkan modul (SSL) di web server apache


Jika di tutorial sebelumnya saya menulis bagaimana melihat modul-modul yang telah aktif di web server apache, maka di tutorial kali ini saya akan menulis bagaimana cara mengaktifkan modul yang tersedia. Web server apache sendiri memiliki berbagai macam modul yang menjadikannya sebagai salah satu web server yang powerfull. Berikut beberapa modul yang tersedia:
  • modul SSL,
  • modul CGI,
  • modul LDAP dan lain-lain.
Untuk melihat macam-macam modul yang tersedia anda bisa mengunjungi link berikut.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan modul di web server ini? Berikut langkah-langkahnya. Kali ini saya akan mencoba mengaktifkan modul SSL di web server apache. Modul ini berfungsi untuk mengintegrasikan web server apache agar dapat menggunakan sertifikat SSl (https).

Web server apache ini saya install di dalam sistem operasi Ubuntu Server 16.04 LTS. Modul yang akan saya aktifkan adalah mod_ssl. Berikut list modul yang sudah saya aktifkan menggunakan perintah:

 sudo apache2ctl -M

berikut list modul yang telah aktif dan diimplementasikan ke dalam web server apache:


kemudian untuk mengaktifkan modul ssl tersebut, saya menjalankan perintah:

 sudo a2enmod mod_ssl

apabila proses pengaktif berhasil dijalankan, maka tampilannya akan terlihat seperti berikut:


dari hasil tampilan di atas, saya diminta untuk melakukan restart layanan apache agar implementasi modul ssl tersebut benar-benar di include-kan ke dalam layanan melalui perintah:

 sudo service apache2 restart

setelah restart, saya akan mencoba melihat apakah modul ssl tersebut sudah benar telah aktif dengan menjalankan perintah:

 sudo apache2ctl -M

berikut hasilnya:


dari tampilan di atas, anda bisa melihat bahwa ssl_module telah aktif. Selamat mencoba ya?

Oh iya, jika kalian ingin mencoba membuat layanan HTTPS di web server apache, anda bisa mengunjungi tutorial di bawah ini:


Cara mengaktifkan modul (SSL) di web server apache Cara mengaktifkan modul (SSL) di web server apache Reviewed by Himawan Mahardianto on July 05, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.