Setting ILO 4 di server HP DL120 G9


Jika sebelumnya saya telah menuliskan bagaimana melakukan konfigurasi iLO di server HP DL380 G8 maka kali ini saya akan menuliskan cara konfigurasi ILO di server HP DL120 G9. Apakah berbeda? mungkin sedikit berbeda karena di Server HP DL120 G9 tidak memiliki port ILO Dedicated seperti milik server HP DL380 G8. Port ILO di server HP DL120 G9 bergabung (shared) dengan port jaringan biasa, karena server HP DL120 G9 secara default memiliki 2 LOM (Lan On Motherboard) maka port ILO-nya juga bisa digunakan di salah satu port. 

Kalau konfigurasi yang saya lakukan, port ILO dan port jaringan yang saya gunakan saya jadikan satu sehingga 1 port memiliki 2 alamat IP yang terdiri dari alamat IP ILO dan alamat IP Server. 

Rencananya alamat IP server, saya berikan 192.168.0.251/24, dan
Alamat IP ILO saya berikan 192.168.0.201/24.

Berikut langkah langkahnya:

Pertama kali server dihidupkan, saya melihat tampilan seperti di bawah ini:


dari tampilan di atas, anda bisa melihat menu pilihan di bagian bawah, saya kemudian memilih opsi Intelligent Provisioning (F10) maka akan tertampil menu selanjutnya seperti berikut:


tampilan di atas adalah konfigurasi default, selanjutnya saya ubah konfigurasinya menjadi seperti di bawah ini:


kemudian, saya klik tanda panah yang ada di pojok kanan bawah sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini:


itu berarti konfigurasi yang saya lakukan telah disimpan di di implementasikan, langkah selanjutnya adalah membuat user untuk login ke dalam iLO. Setelah di klik OK, akan tampil menu selanjutnya seperti di bawah ini:


dari menu di atas, anda akan diberi opsi apakah akan mengaktifkan fitur Intelligent Provisioning atau tidak, saya pilih Ya (recomended), lalu klik tanda panah di samping kanan bawah untuk ke langkah selanjutnya.


Karena saya sebelumnya melakukan konfigurasi agar server menggunakan Legacy BIOS daripada UEFI, maka ada beberapa fitur yang terdisable, tapi itu tidak mempengaruhi konfigurasi ILO ini. Saya klik OK, kemudian akan muncul menu seperti di bawah:


Untuk meneruskan pembuatan user ILO, saya pilih menu Perform Maintenance, sehingga muncul menu seperti di bawah ini:


Dari tampilan di atas, ada banyak menu yang dapat anda pilih, untuk membuat user ILO saya pilih menu ILO Configuration, setelah itu saya ditampilkan menu seperti berikut ini:


kemudian pilih menu Access Setting di bagian kiri, maka akan tertampil menu seperti di bawah ini:


Lalu saya ubah dan buat konfigurasinya menjadi seperti di bawah ini:


klik Apply untuk menyimpan konfigurasi, Sebelum kita dapat membuat user untuk mengakses ILO, silakan masuk ke menu user administration melalui menu disamping kiri sehingga tertampil menu seperti di bawah ini:


klik tombol New untuk menambah user baru, kemudian saya masukkan nama user dan password yang akan saya gunakan untuk Login di ILO dan saya centang seluruh menu hak akses yang akan saya dapatkan di user baru tersebut, sehingga terlihat seperti di bawah ini:


Setelah itu klik Add, lalu klik Exit, maka akan tertampil menu utama seperti berikut:


silakan klik icon ON/OFF di pojok kanan atas, sehingga muncul menu reboot atau shutdown seperti berikut:


Setelah restart, saya coba akses ILO melalui browser mozilla Firefox dengan alamat 192.168.0.201, maka tertampil seperti di bawah ini:

Pilih Menu advance, kemudian akan tertampil opsi selanjutnya seperti di bawah ini:


kemudian pilih tombol Add Exception, maka akan tampil opsi berikutnya dalam bentuk Pop Up:


Silakan klik tombol Confirm Security Exception, maka anda akan di redirect ke halaman ILO untuk pertama kalinya:


Setelah itu, silakan masukkan user dan password yang tadi sudah anda buat, dan silakan mengeksplore ILO di Server HP DL120 G9. Selamat mencoba dan semoga membantu :-)
Setting ILO 4 di server HP DL120 G9 Setting ILO 4 di server HP DL120 G9 Reviewed by Himawan Mahardianto on March 09, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.