Cara membuat controller di Laravel 5.4

Melalui artikel sebelumnya sudah pernah dibahas bahwa Laravel menggunakan metode MVC, Model View Controller, dimana logika program ada di bagian Controller. Jika di tutorial sebelumnya sudah dibahas bagaimana menggunakan routing dasar di Laravel 5.4, maka di tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana membuat dan menggunakan controller sederhana.

Tutorial ini juga merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya yang berjudul:

Untuk membuat controller di Laravel, sangatlah mudah, misalnya saya ingin membuat controller dengan nama testController, maka saya tinggal menjalankan perintah:

 php artisan make:controller testController

jika berhasil, maka akan tercipta sebuah file yang berlokasi di app/Http/Controllers/ dengan nama testController.php di dalam root folder framework laravel.

Jadi file testController itu berfungsi untuk memisahkan logika program agar tidak terlalu banyak dibebankan ke file routes/web.php

Sehingga setiap request yang dikelola testController akan didapatkan dari web.php. Masih bingung?

Mari saya praktekkan, pertama saya akan buka file di routes/web.php kemudian saya tambahkan script seperti di bawah ini:

 Route::get('/test2', '[email protected]');


maksud dari script di atas adalah setiap ada request test2 dari browser, maka request tersebut akan di handle oleh testController di fungsi test.

jika dilihat di file web.php hasilnya terlihat seperti berikut:

setelah itu, saya akan buka file app/Http/Controllers/testController.php kemudian tambahkan script seperti di bawah ini:

sedangkan isi dari file yang berlokasi di resources/views/test.blade.php adalah seperti berikut:

sehingga ketika saya coba akses aplikasi laravel dari browser melalui url:

 localhost:8000/test2

hasilnya seperti berikut:




Cara membuat controller di Laravel 5.4 Cara membuat controller di Laravel 5.4 Reviewed by Himawan Mahardianto on March 18, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.