Cara melihat lokasi harddisk baru yang ditambahkan di Ubuntu Server


Kita semua pernah menambahkan atau device baru bukan? Ini pengalaman saya baru-baru ini. Suatu kali saya mencoba menambahkan harddisk baru di dalam Ubuntu Server. 

Kemudian saya bertanya-tanya tentang cara mendeteksi harddisk yang baru saya pasang tersebut di system apakah berada di /dev/sda, dev/sdb atau /dev/sdc? 

Fungsinya adalah agar saya dapat melakukan mounting atau membuat partisi baru di harddisk tersebut sesuai lokasinya. 

Setelah saya browsing-browsing, ternyata caranya sangatlah mudah, saya cukup menjalankan perintah di bawah ini:

 sudo lshw -C disk

berikut tampilannya ketika saya menjalankan perintah tersebut sebelum harddisk baru saya pasang:


disitu anda melihat bahwa hanya ada satu harddisk yang berlokasi di /dev/sda dengan besaran 500GB. 

Untuk menambah harddisk baru langkah selanjutnya adalah server saya matikan kemudian saya pasang harddisk baru, server dihidupkan lagi lalu saya menjalankan perintah yang sama:

 sudo lshw -C disk

ternyata hasilnya sedikit berbeda dengan sebelumnya ketika harddisk baru terdeteksi oleh system, seperti yang terlihat di gambar bawah ini:


Jika diperhatikan dari gambar di atas terlihat bahwa telah terdeteksi dua buah harddisk yang berlokasi di /dev/sda sebesar 14TB (harddisk baru) dan yang berlokasi di /dev/sdb sebesar 500GB (harddisk lama). Dengan mengetahui harddisk mana yang akan saya kelola (format, delete, create), saya meminimalisir salah eksekusi ketika melakukan format pada harddisk yang akan dikelola.

Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Cara melihat lokasi harddisk baru yang ditambahkan di Ubuntu Server Cara melihat lokasi harddisk baru yang ditambahkan di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on March 02, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.