Membuat database MySQL menjadi mode read only

Baru tahu saya, klo ternyata database MySQL memiliki fitur mode read only pada database dan tabel serta data di dalamnya mengindahkan hak akses user yang dimiliki. Ketika fitur read only ini aktif maka seluruh kegiatan manajemendan manipulasi database seperti CREATE, UPDATE atau DELETE tidak bisa dilakukan baik itu kepada data di dalam tabel atau kepada tabel itu sendiri hingga sampai ke database-nya. 

Bahkan user selevel root juga tidak bisa melakukan apapun selain perintah melihat data menggunakan SELECT. Mantap bukan? untuk mengaktifkannya anda tinggal masuk ke dalam shell MySQL melalui perintah:

  mysql -u root -p

kemudian untuk mengaktifkan mode READ ONLY pada database dengan menjalankan perintah di bawah:

 FLUSH TABLE WITH READ LOCK;

maka ketika saya mencoba untuk membuat tabel baru, akan muncul pesan error seperti berikut:


pesan error itu juga akan muncul ketika anda mencoba untuk menghapus data, atau menghapus tabel bahkan menghapus database seperti berikut:


tapi ketika saya menjalankan perintah query SELECT di dalam suatu tabel, maka saya berhasil menjalankannya:


jadi seluruh kegiatan manipulasi database disini di matikan, kemudian untuk menonaktifkan mode read only tersebut saya tinggal menjalankan perintah:

  UNLOCK TABLES;

maka kondisi databse MySQL dapat kembali di manipulasi menggunakan perintah UPDATE, CREATE, DELETE dan DROP. Selamat mencoba dan semoga membantu ya:-)
Membuat database MySQL menjadi mode read only Membuat database MySQL menjadi mode read only Reviewed by Himawan Mahardianto on February 21, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.