Cara melihat hak akses user database di MySQL


Tahukah anda bahwa setiap user yang bisa masuk ke dalam server MySQL memiliki hak akses? Hak akses apa? hak akses terhadap database seperti hak akses membuat database baru, hak akses melakukan perubahan, penghapusan dan lain-lain. Untuk list macam-macam hak akses, anda bisa lihat di tutorial sebelumnya. Lalu bagaimana jika saya ingin melihat hak akses user yang saya gunakan? Berikut langkahnya:

Pertama anda harus masuk dulu ke dalam MySQL dengan perintah di bawah pada terminal di Ubuntu Server, disini saya masuk sebagai root:

 mysql -u root -p

kemudian anda bisa menjalankan perintah:

 SHOW GRANTS;

berikut hasilnya:


dari situ anda bisa melihat jika saya sebagai user root memiliki semua hak akses (GRANT ALL PRIVILEGES IN *.*) ke seluruh database dan GRANT PROXY (saya belum tau apa itu GRANT PROXY).

Oke saya keluar dulu dari user root kemudian masuk lagi menggunakan user paijo dengan menjalankan perintah berkut:

 mysql -u paijo -p

saya jalankan lagi perintah untuk melihat hak akses:

 SHOW GRANTS;

hasilnya adalah seperti berikut:


ternyata user paijo hanya memiliki hak akses SELECT (melihat isi database) saja. Mudah bukan melihat hak akses user di MySQL, silahkan lihat hak akses user mu sendiri ya :-)
Cara melihat hak akses user database di MySQL Cara melihat hak akses user database di MySQL Reviewed by Himawan Mahardianto on February 07, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.