Beberapa tipe constraint MySQL dan fungsi Constraint di tabel MySQL


Bagi yang sedang belajar MySQL, mungkin akan sedikit asing dengan istilah constraint di MySQL. Constraint di MySQL adalah sebuah opsi atau atribut yang berfungsi untuk membatasi nilai setiap data yang akan dimasukkan dalam suatu kolom di dalam tabel database MySQL. Berikut beberapa constraint yang sering digunakan di dalam tabel MySQL:

Not Null:
Constraint Not Null ini berfungsi untuk membatasi setiap data yang dimasukkan di suatu kolom pada tabel database MySQL harus memiliki nilai. Perlu anda ketahui bahwa 0 (nol) merupakan nilai.

Unique:
Constraint Unique ini berfungsi untuk membatasi setiap data yang dimasukkan di suatu kolom pada tabel database MySQL ini harus berbeda dengan data yang telah tersimpan.

Primary Key:
Constraint Primary Key ini mirip dengan constraint Unique dan biasanya berfungsi sebagai acuan dalam suatu tabel data. Berbeda dengan Unique Constraint yang dapat dipasangkan ke dalam beberapa kolom dalam satu tabel. Constraint primary key ini hanya bisa dipasangkan pada salah satu kolom saja dalam satu tabel. Jadi tidak mungkin ada 2 primary key yang dipasang dalam 2 kolom di suatu tabel. Pasti hanya ada satu kolom primary key dalam satu tabel MySQL. Sedangkan Unique Constraint bisa dipasangkan dalam beberapa kolom dalam satu tabel.

Foreign Key:
Constraint Foreign Key ini berfungsi sebagai rujukan ketika memasukkan data dalam suatu kolom. Jadi jika ada data yang akan dimasukkan di kolom yang memiliki constraint Foreign Key, maka data tersebut sebelumnya sudah harus ada di tabel yang lain yang sudah dijadikan rujukan. Bingung? mungkin di artikel selanjutnya akan saya bahas lebih dalam lagi.

Check:
Constraint check ini berfungsi untuk melakukan pengecekan data sebelum disimpan di dalam kolom tabel MySQL. Constraint check ini mirip quality controll, sehingga apabila data yang akan disimpan di kolom tidak sesuai persyaratan yang dibuat, maka data tersebut tidak dapat disimpan di kolom tersebut, sehingg MySQL akan menampilkan pesan error bahwa data tersebut tidak lolos uji cek.

Di tutorial selanjutnya saya akan coba bahas praktik tiap tiap constraint tersebut secara riil di tabel database MySQL baik cara memasangnya dalam kolom, menghapusnya dari kolom dan membuktikan fungsi contraint tersebut ketika digunakan bersama data yang akan disimpan di dalam tabel MySQL.

Semoga membantu dan terima kasih telah berkunjung :-)

Beberapa tipe constraint MySQL dan fungsi Constraint di tabel MySQL Beberapa tipe constraint MySQL dan fungsi Constraint di tabel MySQL Reviewed by Himawan Mahardianto on January 07, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.