Tutorial install SVN server (subversion) di Ubuntu Server 16.04 LTS

 

Sebelumnysa saya menulis tentang cara install SVN Client, maka kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan install dan konfigurasi SVN server atau subversion. Bagi yang belum tahu apa itu subversion, subversion adalah aplikasi yang digunakan untuk VCS (Version controll system). Aplikasi ini biasanya digunakan sebagai tools oleh programmer atau developer system karena berfungsi untuk mencatat segala perubahan yang dilakukan oleh programmer pada kode sumber-nya (yang telah dipantau oleh VCS). Melalui pencatatannya itu, programmer bisa mengambil kembali kode sumber dari berbagai versi yang telah dicatat oleh server jika ada kerusakan pada kode sumber setelah dilakukan perubahan, jika dibayangkan mirip seperti restore point milik Windows. Ada beberapa macam VCS selain subversion (SVN) salah satunya adalah git.

Sebagai informasi di tutorial ini, saya menggunakan Ubuntu Server 16.04 untuk menginstall SVN server. Mari kita mulai:

Pertama anda harus menginstall beberapa aplikasi pendukungnya dengan menjalankan perintah:

sudo apt install subversion apache2 libapache2-svn apache2-utils

kemudian setelah selesai menginstall seluruh aplikasi di atas, silakan buat satu folder yang digunakan untuk menampung seluruh file project svn dengan menjalankan perintah:

sudo mkdir /home/svn

Langkah selanjutnya adalah membuat satu folder untuk menampung satu proyek (repository) dengan nama myproject di dalam folder /home/svn melalui perintah berikut:

sudo mkdir /home/svn/myproject

Setelah berhasil bikin folder myproject, maka kita daftarkan folder tersebut sebagai folder yang dicatat di dalam VCS subversion dengan menjalankan perintah:

sudo svnadmin create /home/svn/myproject/

setelah itu, saya harus bikin satu grup dengan nama subversion di dalam system untuk menampung user-user yang nantinya akan mampu memodifikasi file-file di dalam folder svn tersebut. Untuk membuat grup subversion di dalam system saya menjalankan perintah:

sudo addgroup subversion

lalu berikutnya yang saya lakukan adalah menambahkan user himawan ke dalam grup subervsion dengan perintah:

sudo usermod -a -G subversion himawan

saya juga menambahkan user yang mengelola proses web server apache ke dalam grup subversion dengan perintah:

sudo usermod -a -G subversion www-data

kemudian saya mengubah kepemilikan folder myproject agar menjadi milik user web server (www-data) dengan grup pemiliknya adalah subversion, dengan menjalankan perintah:

sudo chown -R www-data:subversion /home/svn/myproject

tidak lupa saya juga mengubah hak akses folder myproject tersebut dengan perintah:

sudo chmod -R g+rws /home/svn/myproject

perintah di atas mengubah hak akses folder my project agar seluruh user di dalam grup subversion memiliki akses penuh terhadap folder myproject.

Kemudian langkah berikutnya adalah melakukan konfigurasi web server apache agar layanan subversion tersebut dapat diakses melalui web. Untuk memulai konfigurasi pada web server, saya menjalankan perintah:

sudo vim /etc/apache2/mods-available/dav_svn.conf

setelah itu masukkan konfigurasi di bawah ini:

 <Location /svn/myproject>
     DAV svn
     SVNPath /home/svn/myproject
     AuthType Basic
     AuthName "myproject subversion repository"
     AuthUserFile /etc/subversion/passwd
     Require valid-user
   </Location>

kemudian simpan setelah itu kita akan buat user yang bisa mengakses untuk repository svn tersebut, dengan menjalankan perintah:

sudo htpasswd -c /etc/subversion/passwd himawan

dari perintah di atas, saya akan membuat user himawan yang dicatat di dalam file passwd yang terletak di lokasi folder /etc/subversion/

berikut output tampilan bikin password yang saya lakukan:


setelah itu silakan restart layanan web server apache dengan menjalankan perintah:

sudo service apache2 restart

kemudian silakan akses alamat IP server svn tersebut menggunakan browser untuk mencoba apakah server svn dengan format URL:

http://alamat_ip_server_svn/svn/myproject

sudah berjalan sebagaimana mestinya. Jika sudah berjalan lancar, maka tampilannya akan tampak seperti berikut:


silakan masukkan user dan passwordnya yang tadi telah anda buat, maka tampilan ketika otentikasi berhasil akan tampak seperti berikut:

jika hasilnya mirip dengan tampilan di atas, itu berarti anda sudah berhasil menginstall server SVN anda sendiri, selamat mencoba :-)


Tutorial install SVN server (subversion) di Ubuntu Server 16.04 LTS Tutorial install SVN server (subversion) di Ubuntu Server 16.04 LTS Reviewed by Himawan Mahardianto on December 19, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.