Cara menghapus kolom pada tabel database MySQL melalui terminal


Melalui tutorial ini, saya akan menuliskan bagaimana caranya menghapus suatu kolom dalam tabel database MySQL server. Pertama sebelum anda bisa menghapus suatu kolom di dalam tabel yang tersimpan di dalam server database MySQL, tentu saja anda harus masuk terlebih dahulu ke dalam database MySQL dengan menjalankan perintah berikut:

 mysql -u root -p

disini saya menggunakan user root, anda bisa menggunakan user lainnya yang memegang hak akses database yang akan anda kelola. Setelah berhasil di otentikasi anda harus memilih database yang akan anda kelola, disini saya memilih database belajar (melanjutkan tutorial sebelumnya) dengan menjalankan perintah:

 USE belajar;

kemudian saya akan menghapus salah satu kolom yang ada di dalam tabel profile di dalam database belajar. Tabel profile ini terdiri dari beberapa kolom. Untuk melihat kolom apa saja yang ada di tabel profile saya menjalankan perintah:

 DESCRIBE profile;

hasilnya adalah:


dari situ anda bisa melihat bahwa tabel profile terdiri dari beberapa kolom, yaitu:

  • Kolom id
  • Kolom nama
  • Kolom email
  • Kolom alamat
kemudian saya ingin menghapus salah satu kolom yaitu kolom dengan nama alamat, maka saya tinggal menjalankan perintah:

 ALTER TABLE profile DROP alamat;

hasil dari perintah di atas adalah:


jika saya melihat struktur tabel profile setelah dilakukan perubahan melalui perintah:

 DESCRIBE profile;

maka hasilnya adalah berikut:



dari tampilan di atas, terlihat bahwa kolom alamat sudah tidak ada lagi di dalam tabel profile. Mudah bukan, selamat mencoba ya.

Comments