Cara Recovery Password admin Wordpress


Berikut tutorial untuk recovery password admin pada website berbasis wordpress. Kejadian ini jangan sampai terjadi pada anda, sebagai informasi, website wordpress yang akan di recovery menggunakan database MySQL. Sehingga yang harus dilakukan untuk me-recovery user admin adalah mengupdate data di dalam tabel database MySQL yang menyimpan data user pada Wordpress

Jika anda tidak melakukan perubahan atau hanya menggunakan schema database default pada wordpress yang anda install, maka database user akan disimpan di dalam tabel wp_users.

Jika anda melihat isi tabel wp_users maka hanya nama user saja yang terlihat, sedangkan password setiap user tidak akan terbaca karena terenkripsi dengan algoritma MD5. Untuk melakukan perubahan, berikut langkah-langkahnya:

Untuk masuk ke dalam database server MySQL bisa menggunakan beberapa cara, seperti phpmyadmin atau melalui shell MySQL Client seperti yang saya gunakan di tutorial ini. 

Oke, saya sudah masuk secara system ke dalam server database, kemudian saya akan masuk ke dalam shell database MySQL dengan user yang bisa saya gunakan untuk mengupdate data wordpress, saya disini menggunakan user root, dengan menjalankan perintah:

 sudo mysql -u root -h localhost -p

masukkan password, kemudian saya akan masuk ke shell MySQL, kemudian saya pilih database yang digunakan website wordpress (disini saya menamai database wordpress dengan nama web) tersebut dengan menjalankan perintah:

 use web;


Perlu anda ketahui bahwa secara default, user administrator pada wordpress akan memiliki ID 1, karena itu adalah user pertama yang secara default diberikan oleh sistem wordpress setelah selesai menginstall apapun nama usernya. 

Maka melalui perintah di bawah ini, anda bisa menjalankannya untuk mengubah password user admin milik wordpress:

 UPDATE `wp_users` SET `user_pass` = MD5('password_anda') WHERE `wp_users`.`ID` = 1;

Jika anda ingin merubah user name administratornya sekalian, anda bisa menjalankan perintah di bawah:

 UPDATE `wp_users` SET `user_login` = 'nama_user_disini', `user_pass` = MD5('password_anda'), `display_name` = 'nama_user_disini' WHERE `wp_users`.`ID` = 1;

Setelah itu silakan keluar dari shell MySQL dengan menjalankan perintah:

 quit

Kemudian silakan masuk menggunakan user dan pasword yang telah anda rubah tersebut melalui halaman login wordpress admin seperti biasa menggunakan browser. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Baca Juga:
Cara Recovery Password admin Wordpress Cara Recovery Password admin Wordpress Reviewed by Himawan Mahardianto on October 06, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.