Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Monday, October 03, 2016

Cara install web server apache di Ubuntu Server


Pada tutorial kali ini secara singkat saya akan menjelaskan bagaimana menginstall web server apache di Ubuntu. Apa itu web server? jika anda belum tahu apa itu web server maka akan sedikit saya jelaskan disni. Web server adalah suatu aplikasi server yang berfungsi untuk melayani permintaan user dalam menampilkan halaman web atau website menggunakan protokol http, https dan lain-lain. Misalnya anda akses website http://www.newbienote.com lewat browser (mozilla firefox, chrome safari dll), maka anda meminta web server newbienote.com untuk memberikan halaman depan web sesuai permintaan anda melalui browser. 

Web server ada beberapa macam, yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah web server Apache dan web server NGINX. Tetapi di tutorial kali ini saya hanya akan membahas tentang instalasi web server apache.
Sebelum tutorial instalasi ini anda mulai sebaiknya anda harus memiliki koneksi internet dan menggunakan user yang memiliki hak akses admin (root) pada server yang akan anda install, karena tanpa user yang memiliki hak akses setingkat administrator atau root anda tidak akan bisa melakukan aktivitas instalasi tersebut. 

Mari kita mulai, sebelumnya sebagai informasi saya menggunakan Ubuntu Server versi 14.04 LTS dalam tutorial ini:


Langkah pertama sebelum melakukan instalasi adalah menjalankan update repository system dengan perintah:

 sudo apt-get update

kemudian setelah selesai melakukan update repository sistem, yaitu melakukan update aplikasi dengan menjalankan perintah:

 sudo apt-get upgrade

silakan ketik Y (yes) untuk konfirmasi dalam melakukan update aplikasi system, tunggu hingga selesai, kemudian untuk menginstall aplikasi web server apache, anda bisa menjalankan perintah:

 sudo apt-get install apache2

silakan ketik Y (yes) untuk konfirmasi melakukan instalasi web server apache di Ubuntu. Setelah proses selesai, maka web server apache anda siap digunakan. Sebagai informasi, untuk menjalankan layanan web server apache, anda cukup menjalankan perintah:

 sudo service apache2 start

untuk menghentikan layanan web server apache anda bisa menjalan perintah:

 sudo service apache2 stop

web server apache akan berjalan di port 80, dan dapat anda akses melalui browser dengan mengetikkan alamat IP atau alamat domain dimana web server apache tersebut berada, misalnya saya menginstall web server apache tersebut di server Ubuntu dengan alamat http://192.168.0.254, maka ketika saya mengakses alamat tersebut, kurang lebih akan tampak seperti pada gambar di bawah ini:


Halaman tersebut anda temukan di dalam file index.html di dalam folder /var/www/html/. Secara default web server apache akan mencari file index.html atau index.php untuk dibaca sehingga tertampil seperti pada gambar di atas. apabila anda menghapus file index.html maka tampilannya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:

Sebagai informasi lokasi folder /var/www/html/ merupakan root folder web server apache, jadi jika anda menaruh file atau folder di dalam root folder web server apache (/var/www/html/) , maka file atau folder tersebut dapat  diakses lewat browser. 


Untuk dapat menaruh file di dalam root folder web server apache maka anda bisa merubah permisi root folder tersebut dengan menjalankan perintah:

 sudo chmod 777 -R /var/www/html/

kemudian anda bisa menaruh berbagai file atau folder di dalamnya, dan dapat mengaksesnya lewat browser. Apabila anda ingin memodifikasi layanan web server apache ini, anda dapat melakukan eprubahan pada file-file konfigurasi web server apache ini yang terletak di folder /etc/apache2/. Setelah melakukan konfigurasi jangan lupa melakukan restart web server apache dengan perintah di atas tadi.

Mudah bukan menginstall web server apache di Ubuntu, selamat mencoba :-)

No comments: