Cara proteksi akses folder di web server apache dengan user dan password

 

Melalui tutorial kali ini saya ingin membahas bagaimana melakukan proteksi akses pada suatu folder yang telah diupload di web server apache menggunakan password. Jadi ketika kita ingin mengakses folder tersebut kita harus memasukkan user dan password terlebih dahulu. Yang tidak memiliki user dan password? tentu saja tidak bisa mengaksesnya. Untuk memberikan proteksi user dan password di folder tersebut, kita tidak perlu mengunakan bahas pemrograman apapun, yang dibutuhkan hanya dua file, yaitu file .htaccess dan .htpasswd . File .htaccess berfungsi untuk membuat aturan proteksi, sedangkan file .htpasswd untuk menyimpan user dan password yang boleh mengaksesnya.

Sebagai informasi,  saya menggunakan Ubuntu Server 14.04 LTS dengan Web Server Apache 2 untuk menjalankan tutorial ini. Berikut langkah-langkahnya:

Misalnya alamat ip web server saya adalah 192.168.0.252 dengan root folder web server adalah /var/www/html/. Kemudian saya ingin membuat proteksi user dan password pada folder abc/ yang saya letakkan di lokasi /var/www/html/abc/. Folder abc tersebut bisa diakses lewat alamat http://192.168.0.252/abc/ . 

Pertama buat dulu folder abc dengan perintah:

 sudo mkdir /var/www/html/abc

kemudian ubah permisinya dengan perintah:

 sudo chmod 777 /var/www/html/abc/

Pada langkah selanjutnya saya akan masuk ke folder abc/ tersebut dengan menjalankan perintah:

 cd /var/www/html/abc/

kemudian membuat sebuah file dengan menjalankan perintah:

 vim .htaccess

lalu masukkan konfigurasi di bawah ini:

 AuthType Basic
 AuthName "Password Protected Area"
 AuthUserFile /var/www/html/abc/.htpasswd
 Require valid-user

kemudian simpan, lalu buat satu lagi file dengan menjalankan perintah:

 vim .htpasswd

file ini berisi user dan password, disini saya membuat user dengan nama admin dan password qwerty sehingga di file .htpasswd tersebut diisi seperti di bawah ini:

 admin:KnPDvoNWIQEYc

simpan, lalu saya mencoba buka browser dan mengetikkan alamat folder abc tersebut, sehingga muncul tampilan seperti di bawah:



silakan masukkan user "admin" password "qwerty", apabila otentikasi berhasil, akan muncul halaman selanjutnya yang sudah tidak diproteksi, berikut halaman saya apabila user dan password yang saya masukkan berhasil di otentikasi:


jika otentikasi gagal, maka tampilannya akan terlihat seperti di bawah ini:


mudah bukan, Kalau cara untuk membuat password stiap akun ada di tulisan saya berikutnya yang berjudul "Cara membuat password untuk proteksi folder di web server apache".

Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Baca Juga:


Cara proteksi akses folder di web server apache dengan user dan password Cara proteksi akses folder di web server apache dengan user dan password Reviewed by Himawan Mahardianto on October 10, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.