Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Thursday, October 13, 2016

Cara membuat password untuk proteksi folder di web server apache



Jika di tulisan sebelumnya membahas bagaimana cara membuat proteksi folder di web server apache dengan user dan password, pada tutorial kali ini dibahas bagaimana cara membuat password yang akan digunakan. Password yang digunakan pada file .htpasswd menggunakan metode enkripsi crypt. Di Ubuntu sendiri ada aplikasi mkpasswd yang bisa digunakan untuk membuat password tersebut. Akan tetapi aplikasi tersebut secara default tidak terinstall, jadi anda harus lebih dahulu melakukan instalasi, dengan menjalankan perintah:

 sudo apt-get install whois

Ternyata aplikasi yang diinstall bukanlah aplikasi mkpasswd tetapi aplikasi whois, karena aplikasi mkpasswd sendiri merupakan bagian dari aplikasi whois tersebut, sehingga otomatis aplikasi mkpasswd akan terinstall apabila anda menginstall aplikasi whois.  Sebagai informasi, anda tidak akan bisa menginstall aplikasi mkpasswd secara langsung karena tidak terdaftar sebagai salah satu aplikasi di repository.

Untuk menggunakannya anda cukup menjalankan perintah dengan format:

 mkpasswd [password]

misalnya saja saya ingin mengenkripsi password qwerty, maka saya tinggal menjalankan perintah:

 mkpasswd qwerty

maka hasilnya adalah:

 ZrFfpbAnIYcSw

mari kita coba lainnya, saya ingin mengenkripsi password terserahpassword maka saya tinggal menjalankan perintah:

 mkpasswd terserahpassword

maka hasilnya:

 KKCg6nEIcbUUM

mudah bukan implementasinya? Silakan buat password anda sendiri dan masukkan ke dalam file .htaccess untuk memproteksi folder anda yang telah diupload di web server apache. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

No comments: