Apa itu root folder web server apache.


Melalui tutorial ini saya ingin menjelaskan apa itu root folder web server apache. Berbeda dengan root folder system yang berlokasi di " / " , root folder web server apache adalah lokasi folder yang digunakan web server apache untuk melayani klien ketika mengakses web server apache via browser. Jadi semua file dan folder yang dapat diakses lewat browser bermuara disana (kecuali directory virtual host). Perlu anda ketahui juga bahwa lokasi root folder web server apache juga berada di bawah root folder system. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca penjelasan berikut:

Secara default lokasi root folder web server apache di sistem operasi Ubuntu Server 14.04 LTS adalah di /var/www/html/ . 

Berikut saya gambarkan ilustrasinya, misalnya saya memiliki:

 Root folder web server apache: /var/www/html/
 Alamat IP web server apache: 192.168.0.250

maka ketika saya mengakses alamat ip web server dari browser dengan format:

 http://192.168.0.250/

hasilnya akan tertampil seluruh isi file yang ada di dalam folder /var/www/html/ saja di dalam browser.

sebelum saya menambahkan folder atau file ke dalam root folder, saya perlu merubah permisinya dulu, agar dapat diakses dari luar komputer web server dengan menjalankan perintah:

 sudo chmod 777 -R /var/www/html/

kemudian saya akan mencoba menambahkan satu folder di dalam root folder tersebut (misal folder contoh) sehingga terlihat seperti di bawah ini:

 /var/www/html/contoh/

dengan perintah:

 mkdir /var/www/html/contoh

selanjutnya setelah folder contoh dibuat, folder (contoh) tersebut dapat saya akses menggunakan format:

 http://192.168.0.250/contoh/

apabila saya menambahkan satu folder lainnya lagi di dalam folder contoh tersebut (misal folder contoh2) dengan perintah:

 mkdir /var/www/html/contoh/contoh2/

sehingga hasilnya terlihat seperti di bawah ini:

 /var/www/html/contoh/contoh2/

folder contoh2 tersebut berikut isinya dapat saya akses lewat broser dengan mengetikkan alamat web server dengan format:

 http://192.168.0.250/contoh/contoh2/

Jadi itulah yang dimaksud dengan root folder di web server apache. Semoga menambah pengetahuan anda dan terima kasih telah berkunjung.

 Tutorial menarik lainnya:


Apa itu root folder web server apache. Apa itu root folder web server apache. Reviewed by Himawan Mahardianto on October 28, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.