Konfigurasi Koneksi Database MySQL untuk Laravel 5.2

 

Apabila dari tulisan sebelumnya saya membahas bagaimana melakukan konfigurasi Apache agar laravel 5.2 bisa berjalan di mode production, maka pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan konfigurasi database agar Laravel 5.2 milik anda dapat menggunakan database MySQL untk menyimpan data-data di dalam sistem informasi anda ke depannya. Laravel 5.2 secara resmi mendukung beberapa database engine selain MySQL, antara lain: 
  • PostgreSQL
  • SQLite
  • SQLServer
  • Redis
Sedangkan untuk database NoSQL saat ini yang didukung dan dikembangkan komunitas adalah:
  • MongoDB
  • Cassandra
Secara default, database yang digunakan pada laravel adalah MySQL, yang ditunjukkan pada file database.php yang berada di dalam folder config/ ("config/database.php") serta di file .env yang berada di lokasi root folder laravel ("/.env"). Untuk menginstall database MySQL, anda dapat mengikuti langkah-langkah di tutorial:

Cara menginstall MySQL Server di Ubuntu Server
Cara menginstall PHPMyAdmin untuk antar muka database MySQL di Ubuntu Server

kemudian buka file .env lalu edit di bagian:

DB_HOST=127.0.0.1
DB_DATABASE=XXX
DB_USERNAME=User
DB_PASSWORD=Password

sesuaikan dengan server database MySQL yang anda gunakan. Misalnya saya menggunakan server database MySQL yang berada di alamat IP 192.168.0.1 , dengan database bernama Laravel-52, user yang diberi hak akses ke database Laravel dengan nama: user_app dan passwordnya abcdefgh, maka konfigurasinya menjadi:

DB_HOST=192.168.0.1
DB_DATABASE=Laravel-52
DB_USERNAME=user_app
DB_PASSWORD=abcdefgh

dengan begitu, framework Laravel akan menggunakan database MySQL dengan nama database Laravel-52. Oh iya, bagaimana dengan konfigurasi di database.php ? itu tidak usah anda ubah atau otak-atik, apabila anda hanya ingin menggunakan MySQL sebagai database untuk aplikasi laravel anda. Mudah bukan? Silakan mencoba :-)

Konfigurasi Koneksi Database MySQL untuk Laravel 5.2 Konfigurasi Koneksi Database MySQL untuk Laravel 5.2 Reviewed by Himawan Mahardianto on March 14, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.