Task Manager di Ubuntu Desktop dan Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux


Mungkin anda pernah menjumpai aplikasi task manager di microsoft windows dengan cara menekan tombol CTRL+ALT+DEL atau diakses dari control panel. Lalu bagaimana aplikasi task manager di Ubuntu Desktop dan Ubuntu Server? Mari kita bahas, di Ubuntu Desktop terdapat aplikasi System Monitor yang dapat dipanggil dari Unity Scope d pojok kiri atas, seperti yang terlihat di gambar bawah:



ketika aplikasi tersebut dibuka, maka akan terlihat seperti gambar di bawah:


dari situ tertampil seluruh aplikasi dan proses yang berjalan dengan user yang menjalankan aplikasi atau proses tersebut. Untuk mematikan atau memberhentikan proses tersebut, anda bisa memilih dan menekan tombol klik kanan pada salah satu proses untuk dihentikan atau di"bunuh".

Lalu bagaimana jika anda ingin melakukan hal tersebut di Ubuntu Server yang notabene tidak memiliki tampilan layaknya Desktop? anda bisa mengakses proses tersebut dengan perintah "top", apabila dijalankan di dalam terminal, hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini:


untuk keluar dari aplikasi top, anda dapat menekan tombol "q" pada keyboard. Melalui aplikasi top tersebut terlihat seluruh proses yang berjalan di dalam system secara dinamis dan riil time. Aplikasi aau proses yang berada di paling atas adalah aplikasi yang menggunakan sumberdaya terbanyak. 

Selain aplikasi "top" anda juga dapat menggunakan perintah "ps aux", dengan perintah tersebut anda dapat melihat proses yang berjalan tetapi secara statis saat anda menjalankan perintah tersebut, hal ini terlihat seperti pada tampilan di bawah:


pada aplikasi "ps aux" ujung sebelah kiri adalah user yang menjalankan proses atau aplikasi di system, lalu sebelah ujung kanan adalah aplikasi yang dijalankan oleh user. Kolom kedua dari ujung kiri adalah PID atau Process ID aplikasi yang sedang berjalan. Sebagai contoh, dapat dilihat dari gambar di atas, bahwa sftp-server sedang berjalan dan memiliki PID 54200. Untuk mematikan atau menghentikan aplikasi tersebut, anda bisa menjalankan perintah "sudo kill -9 [PID]". Sebagai contoh, anda ingin mematikan process aplikasi sftp-server tersebut secara paksa, maka anda tinggal menjalankan perintah "sudo kill -9 54200", dengan begitu, aplikasi sftp-server tersebut akan mati dan processnya dihentikan di dalam system. 

Terima kasih telah berkunjung :-)
Task Manager di Ubuntu Desktop dan Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux Task Manager di Ubuntu Desktop dan Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux Reviewed by Himawan Mahardianto on November 26, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.