Kompresi dan Ekstraksi File ZIP lewat terminal di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux


Apa itu kompresi, kompresi adalah usatu kegiatan yang dilakukan untuk membungkus suatu file atau folder ke dalam bentuk lainnya (memampatkan) dengan ukuran file yang lebih rendah dari aslinya. Sedangkan ekstraksi adalah kebalikannya dari kompresi, yaitu prosedur yang digunakan untuk membuka file kompresi ke bentuk aslinya. Mungkin anda sudah mengenal kompresi semacam rar dan zip yang jamak digunakan di sistem operasi Microsoft Windows, lalu bagaimana di Linux? Di linux kompresi yang umum digunakan bukan rar maupun zip tetapi tar.gz atau tar.bz, asing kedengarannya? Saya juga pertama kali asing mendengarnya, akan tetapi lama-lama kita akan terbiasa dan sering menjumpai kompresi dengan ekstensi tersebut nantinya. Rar dan zip juga dapat digunakan di sistem operasi Linux, jadi jangan khawatir apabila anda menerima file kompresi dengan ekstensi tersebut. Sistem operasi linux (Ubuntu Server) sudah mendukung operasi untuk melakukan kompresi dan ekstraksi.

Nha bagaimana perintah melakukan kompresi dan ekstraksi file dengan ekstensi ZIP di terminal (Ubuntu Server)? Kenapa menggunakan terminal? Karena di Ubuntu Server tidak ada antarmuka yang memudahkan kita melakukan berbagai kegiatan, sehingga semuanya harus dijalankan melalui command line di terminal. Tertarik mencoba melakukan kompresi dan ekstraksi di Ubuntu Server? Berikut tutorial kompresi ZIP di bawah ini:

Jika anda belum memiliki aplikasi zip di Ubuntu Server anda, anda harus menginstallnya terlebih dahulu dengan perintah:

 sudo apt-get-install zip


Disini saya memiliki sebuah folder dengan nama iso_ubuntu yang berisi image iso Ubuntu, sebelum dilakukan kompresi, folder tersebut berukuran kurang lebih sekitar 1,1GB seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Untuk melakukan kompresi, anda bisa menjalankan perintah dengan format:

 zip [opsi] [nama_file_zip] [nama_file_atau_folder_yang_akan_dikompresi]

sehingga terlihat seperti dibawah ini:

 zip -r -9 --verbose iso_ubuntu.zip iso_ubuntu/

hasilnya akan terlihat sperti pada gambar di bawah ini:


dari gambar tersebut, anda bisa melihat bahwa folder iso_ubuntu/ sudah terkompresi menjadi iso_ubuntu.zip dengan penurunan ukuran file sebesar 3% dari aslinya.

Untuk melakukan ekstraksi, anda bisa menjalankan perintah:

 unzip iso_ubuntu.zip

dengan hasil seperti yang terlihat pada gambar di bawah:


ada beberapa opsi yang bisa digunakan pada kompresi zip ini, salah satunya kita bisa menambahkan password atau memecahnya menjadi beberapa file.

Untuk menambahkan password saat kompresi dilakukan, maka opsi --password [password_fil_zip] digunakan, sehingga perintahnya menjadi:

 zip -r --verbose -9 --password qwerty iso_ubuntu.zip iso_ubuntu/


dan hasilnya terlihat seperti pada gambar di bawah:


dari perintah tersebut, diketahui bahwa file kompresi tersebut diberi password qwerty, sehingga ketika akan di ekstraksi, maka harus memasukkan password (qwerty) tersebut.

Berikut perintah ekstraksi dengan memasukkan password tadi:


Mudah bukan melakukan kompresi dan ekstraksi zip di terminal? silakan mencoba :-)




Kompresi dan Ekstraksi File ZIP lewat terminal di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux Kompresi dan Ekstraksi File ZIP lewat terminal di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux Reviewed by Himawan Mahardianto on December 06, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.