Panduan pemula untuk instalasi MySQL server 5.6 di Ubuntu


Apa itu MySQLMySQL adalah sebuah aplikasi database yang digunakan untuk meyimpan data-data terstruktur. Aplikasi database sendiri ada banyak macamnya tidak hanya MySQL saja, salah satunya adalah PostgreSQL, Oracle, MariaDB, MongoDB, SQLserver dan lain lain. Database umumnya digunakan untuk menyimpan data-data record dan dikombinasikan dengan sebuah sistem informasi atau berbagai aplikasi-aplikasi lainnya. Sebagai contoh penggunaan database adalah penggunaan MySQL untuk menyimpan data pada aplikasi web CMS wordpress, Joomla, Drupal dan lain sebagainya. Nha pada artikel kali ini, saya ingin menunjukkan bagaimana langkah-langkah untuk melakukan instalasi MySQL server di Ubuntu. Ubuntu yang saya gunakan adalah Ubuntu server, tetapi tidak menutup kemungkinan anda melakukannya di Ubuntu Desktop melalui terminal. Berikut step-stepnya:

Pertama-tama anda harus login terlebih dahulu ke komputer yang akan anda install, lalu sialakan membuka terminal, kemudian saya atau anda bisa mencoba melakukan scanning service atau layanan yang berjalan di dalam sistem dengan cara menjalankan perintah:

 nmap localhost

Hasilnya seperti yang terlihat pada tampilan gambar di bawah:


Dari gambar tersebut, terlihat bahwa layanan servis dari mysql server belum terlihat ada. Bisa jadi memang belum ada, atau sudah terinstall tetapi belum dijalankan atau diaktifkan. Karena ini adalah komputer saya, maka saya tahu pasti bahwa mysql server belum terinstall di dalamnya. Untuk mulai melakukan instalasi MySQL server, saya menjalankan perintah:


 sudo apt-get install mysql-server-5.6


Jika berhasil anda lakukan, maka hasil dari menjalankan perintah tersebut akan tertampil seperti pada gambar di bawah ini:


Tekan Y untuk menyelesaikan proses instalasi. Setelah itu proses instalasi akan berjalan hingga anda diminta untuk memasukkan password untuk user root pada server mysql yang akan anda install, seperti yang terlihat pada gambar di bawah:


Silakan ulangi masukkan kembali password untuk user root yang tadi sebelumnya telah anda daftarkan sebagai verifikasi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Setelah itu, proses instalasi akan dilanjutkan sampai selesai, layanan mysql-server ini akan otomatis hidup ketika proses instalasi telah selesai dan secara otomatis akan idup juga setelah komputer restart.
Untuk mengecek apaka layanan MySQL server telah menyala atau belum salah satunya menggunakan aplikasi nmap, dengan menjalankan perintah di bawah di dalam server MySQL:

 sudo nmap localhost

Hasil dari perintah di atas akan terlihat seperti gambar di bawah:


Dari gambar di atas, tampak bahwa port 3306 terbuka dan digunakan untuk layanan mysql oleh komputer server, tetapi ingat, layanan dengan port 3306 tersebut anya akan terbuka secara lokal, jadi apabila anda melakukan scanning dari komputer lain di jaringan, port 3306 tersebut tidak akan terlihat, anda harus melakukan sedikit konfigurasi untuk mengaktifkan layanan mysql tersebut agar dapat digunakan komputer lain di jaringan. Mungkin pada kesempatan lain saya akan menuliskan tutorialnya.

Untuk masuk ke dalam console mysql-server di dalam komputer server yang anda install aplikasi MySQL server anda dapat menjalankan perintah:

 sudo mysql -u root -p

Kemudian masukkan password root yang tadi anda buat seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Apabila anda berhasil login menggunakan password yang anda buat tadi ke dalam aplikasi MySQL server, maka tampilannya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


Mari kita coba gunakan beberapa perintah query di dalam console aplikasi MySQL server anda, disini saya mencoba satu perintah query untuk melihat database apa yang telah ada secara default di dalam MySQL server dengan perintah:

 show databases;

Jika berhasil menjalankan perintah tersebut, maka hasil keluaran dari perintah tersebut akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


Perlu anda ketahui bahwa untuk melakukan manajemen database MySQL dapat dilakukan dengan menggunakan perintah perintah query atau bahas query (SQL). Pada gambar diatas tersebut, terlihat bahwa secara default terdapat beberapa database yang ter “create” yaitu database informaton_schema, database mysql dan database performance_schema . Mungkin di lain kesempatan saya akan menunjukkan beberapa perintah query untuk melakukan administrasi database di mysql server. 

Mudah bukan melakukan instalasi MySQL server di Ubuntu server, silakan mencoba dan terima kasih telah berkunjung :)

Beberapa artikel terkait:


Panduan pemula untuk instalasi MySQL server 5.6 di Ubuntu Panduan pemula untuk instalasi MySQL server 5.6 di Ubuntu Reviewed by Himawan Mahardianto on August 18, 2014 Rating: 5

2 comments:

Ade Malsasa Akbar said...

Terima kasih, Kang. Ini satu di antara sekian sedikit tutorial MySQL dasar untuk pemula di Ubuntu, yang ringkas-padat, dalam Bahasa Indonesia. Saran saya, akang sebaiknya menambah subjudul-subjudul untuk meningkatkan keterbacaannya. Sebagai contohnya, ini: http://ngadimin.com/2009/08/22/mengadministrasi-mysql-server-di-ubuntu/.

Abdul Djalil Djayali said...

wah sangat bermanfaat gan. Saya banyak belajar dari sini http://cafezit.com/ bersama linuxer yang ada disana bisa menambah komunikasi seputar IT bersama mereka juga. BTW itu sosial media buatan anak indonesia timur gan. Bikin akun disana yah ^_^

Powered by Blogger.