Ubuntu 14.04 LTS telah release!!


Info terpanas, bagi para pemakai Ubuntu!! Tepat tertanggal 17 April 2014 kemarin, Canonical selaku perusahaan yang mensupport ubuntu telah merelease versi terbaru dari sistem operasi Ubuntu sesuai dengan yang pernah saya tulis di artikel sebelumnya. Sistem operasi tersebut memiliki kode Trusty Tahr berlogo Kambing Gunung dan memiliki nomer versi 14.04. Salah satu kelebihan yang tidak dimiliki versi biasanya adalah, Ubuntu versi ini akan didukung selama 5 tahun sejak tanggal releasenya. Versi yang didukung lebih lama dari versi lainnya ini dinamakan Long Term Support atau biasa disingkat dengan nama Ubuntu 14.04 LTS.
Ini adalah kali ke lima Ubuntu mengeluarkan versi Long Term Support-nya sejak release pertama diluncurkan, yang berawal dari versi:
  • 6.06 LTS (Dapper Drake)
  • 8.04 LTS (Hardy Heron)
  • 10.04 LTS (Lucid Lynx)
  • 12.04 LTS (Precise Pangolin), dan yang terakhir 
  • 14.04 LTS (Trusty Tahr)
Jika dirunut ke belakang, canonical sering merelease versi LTSnya sekitar 2 tahun sekali sejak diluncurkan. Hal ini dimaksudkan agar setiap pengguna yang memakai LTS (umumnya dipakai untuk server) masih memiliki waktu yang cukup (3 tahun sisanya) untuk melakukan migrasi sebelum supportnya benar- benar dihentikan. Bagi pengguna desktop, ada beberapa fitur baru yang ada di versi ini, dimana salah satunya adalah menu windows, yang biasanya berada di ujung kiri atas, mirip menu OSx milik Apple, sekarang dapat dipindah mengikuti menu windowsnya seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

Posisi defaultnya:


Setelah dipindah mengikuti windows apps-nya:


Kemudian, icon launcher yang dulu memiliki ukuran terbatas, sekarang dapat diminimize hingga ukuran terkecilnya yaitu 16 seperti yang terlihat pada gambar di bawah:


Oh iya, screen locknya juga diperbaharui jadi mirip tampilan login awal seperti pada gambar di bawah:


Ada tambahan shortcut icon untuk me-minimize semua aplikasi seperti di windows ketika kita memencet tombol icon windows+M seperti pada gambar di bawah:



Susunan aplikasi di windows nautilusnya juga responsif seperti browser web ketika di resize ukuran windowsnya dan masih banyak fitur baru lainnya yang belum saya sebutkan di tulisan ini, mungkin lain waktu akan saya sebutkan fitur-fitur terbarunya di artikel yang lain. Bagaimana, menarik bukan? Anda tidak sabar untuk mencoba fitur-fitur barunya sendiri? Tenang, anda cukup download melalui link ini.

Setelah di download, bagi anda yang ingin menginstallnya, image iso tersebut bisa anda bakar ke dalam DVD dan anda bisa mengikuti tutorial instalasinya di artikel saya sebelumnya yang berjudul “Tutorial Instalasi Ubuntu Desktop” atau "Tutorial Instalasi Ubuntu server”.

Selamat mencoba, dan semoga anda juga semakin jatuh cinta menggunakan Ubuntu seperti saya :)

Ubuntu 14.04 LTS telah release!! Ubuntu 14.04 LTS telah release!! Reviewed by Himawan Mahardianto on April 18, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.