Setting default format file penyimpanan di Kingsoft Office

Apa itu Kingsoft Office Bagi anda yang belum tahu apa itu Kingsoft OfficeKingsoft Office adalah salah satu aplikasi alternatif pengolah kata seperti Libre Office atau Microsoft Office. Untuk cara mendapatkan dan cara menginstallnya, anda bisa mengikuti tutorial di link ini, jika mendapati sedikit error pada saat menjalankan Kingsoft Office pertama kali, maka anda bisa mengikuti tutorial pada link yang ini. Untuk artikel ini, saya akan membahas bagaimana merubah format file penyimpanan defaultnya. Jika kita akan menyimpan suatu file di Kingsoft Office, terutama di Kingsoft Office Writer, secara default akan menggunakan format file wps (format default Kingsoft Office). Pada tutorial kali ini, saya akan menunjukkan cara merubah format file dari wps ke format file docx atau anda juga bisa merubah ke format file yang lain seperti doc atau rtf. Perlu anda ketahui bahwa Kingsoft Office belum mendukung format file odt (Open Document Text).

Berikut langkah-langkahnya:
1. Tampilan di bawah adalah format file deafult Kingsoft Office Writer saat kita akan menyimpan sebuah file:

terlihat format defaultnya adalah file wps, sebenarnya bisa saja anda rubah secara manual, tapi kalo bisa dibuat otomatis, kenaa harus pake yang manual dan merepotkan?

2. Maka untuk merubahnya, klik tanda panah ke bawah dari icon yang tertampil pada gambar di bawah:

Lokasi icon tersebut ada di pojok kiri atas di jendela aplikasi Kingsoft Writer.

3. Kemudian pilih opsi Tools -> Options, sehingga tertampil jendela menu seperti pada gambar di bawah:


4. Lalu pilih sub menu General and Save di jendela sebelah kiri, seperti yang tertampil pada gambar di bawah:

5. Setelah dipilih, maka akan terlihat tampilan menu General and Save seperti di bawah:


Anda perhatikan bagian menu Save files and default seperti yang ditunjukkan pada tampilan di bawah:


Ubah sesuai dengan keinginan anda, pada kondisi ini, saya memilih format file default yang saya gunakan sebagai default adalah format docx seperti pada gambar di bawah:



Jika sudah, silakan klik OK

6. Sekarang anda coba lakukan penyimpanan file di aplikasi Kingsoft Office Writer, maka secara default format file yang dipilih adalah format file docx seperti pada tampilan gambar di bawah:


Mudah bukan? Untuk merubah format file penyimpanan default di aplikasi Kingsoft Office Spreadsheet dan Presentation juga menggunakan cara yang sama seperti di aplikasi Kingsoft Office Writer. 

Selamat mencoba dan semoga membantu :-)


Setting default format file penyimpanan di Kingsoft Office Setting default format file penyimpanan di Kingsoft Office Reviewed by Himawan Mahardianto on April 13, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.