Kingsoft Office Error - missing font, some formula might not displayed correctly



Setelah anda mengikuti tutorial di artikel “Kingsoft Office, aplikasi alternatif pengganti microsoft Office di Ubuntu”, kemudian muncul pesan error seperti judul di atas? Jika ya maka ada beberapa langkah yang harus anda lakukan, yaitu:

1. Silakan download file wp_symbol_fonts.zip melalui link ini.
2. Kemudian klik kanan ekstract file tersebut sehingga muncul folder wp_symbol_fonts/ yang berisi file:
  • Mtextra.ttf
  • Symbol.ttf
  • Webdings.ttf
  • Wingding.ttf
  • Wingdng2.ttf 
  • Wingdng3.ttf  
3. Setelah itu silakan kopi isi file zip tersebut ke lokasi /usr/share/fonts/wps-office/ dengan perintah:

 sudo cp wps_symbol_fonts/.* /usr/share/fonts/wps-office/

4. Silakan buka kembali aplikasi kingsoft office anda, maka error pada startup yang tadinya terlihat seperti pada gambar di bawah ini tidak akan anda lihat lagi:




Oh iya, perlu anda ketahui, bahwa ada kekurangan yang dimiliki oleh kingsoft office sejauh yang saya tahu saat ini, yaitu belum adanya plugin-plugin yang lengkap seperti yang dimiliki Libre Office, salah satunya adalah plug in tentang citation seperti zotero (berhubung saat ini saya memerlukannya untuk menulis tesis), hal ini menjadi salah satu kekurangan utama pada aplikasi kingsoft office dibalik kemudahan penggunaannya dibanding Libre Office.

Tapi yah setiap aplikasi pasti ada kekurangan dan kelebihan masing-masing, tinggal bagaimana anda menyikapinya dalam penggunaannya sesuai kebutuhan. Salah satu kelebihan pada kingsoft office yang membuat saya tetap tertarik menggunakannya adalah kompatibilitasnya dalam membaca file berformat doc dan docx dibanding menggunakan Libre Office, anda penasaran? Silakan coba dan buktikan sendiri ya :-)

Beberapa artikel terkait:

Kingsoft Office Error - missing font, some formula might not displayed correctly Kingsoft Office Error - missing font, some formula might not displayed correctly Reviewed by Himawan Mahardianto on April 24, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.