Menambah User di Ubuntu Server/Desktop melalui terminal (Manajemen User - part 1)

Setiap sistem operasi, pastinya selalu membutuhkan minimal sebuah user/pengguna. Tidak terkecuali untuk Ubuntu Server, pada tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan manajemen user di Ubuntu Server/Desktop melalui terminal. Kenapa melalui terminal? Bukannya Ubuntu Desktop sudah ada GUI/antarmuka grafis-nya yang bisa mempermudah kita? Sebenarnya cara manajemen user menggunakan terminal ini sangat fleksibel dan dapat diemplementasikan di Ubuntu Server/Desktop. Perlu anda ketahui bahwa Ubuntu Server umumnya tidak memiliki GUI/antarmuka grafis. Bagaimana kalau langsung kita mulai saja ya :)

Di Sistem Operasi Linux, terutama Ubuntu yang saya gunakan, setiap user yag terdaftar akan di catat pada file "/etc/passwd" anda bisa lihat file tersebut menggunakan aplikasi vim, dengan menjalankan perintah:

 vim /etc/passwd 

maka akan terlihat seperti di bawah ini:


disitu terlihat terdapat user dengan nama ubuntu (user yang saya gunakan) pada baris ketiga dari bawah.

format yang digunakan di file /etc/passwd adalah:
nama_user : password : User ID : Group ID : Keterangan User : lokasi folder home user : Lokasi shell user

setiap user yang ada di sistem operasi akan disimpan di file /etc/passwd dengan UID yang berbeda-beda/unik. Di sistem operasi Ubuntu Linux ini dikenal juga user grup, dimana seorang user merupakan terdaftar dalam satu grup atau lebih. Kenapa ada user grup? karena format kepemilikan dan hak akses file di sistem Ubuntu Linux ini menggunakan format "pemilik:grup:orang_lain". Tulisan tentang manajemen grup ini akan saya bahas pada tulisan berikutnya.

Untuk menambah user, posisi anda harus sebagai administrator sistem (root) atau terdaftar dalam list sudoers. Untuk melakukan penambahan user kita bisa menggunakan perintah adduser atau useradd, kemudian secara default/otomatis sistem juga akan membuat file direktori di folder /home/nama_user untuk menampung file-file milik user baru tersebut di kemudian hari.

Mari kita coba jalankan perintah menambah user tersebut seperti di bawah:

 sudo adduser test 

lalu silakan isi password baru untuk user test dan beberapa keterangan lainnya seperti yang diperintahkan.

ket: anda menambah user dengan nama test dan sistem secara otomatis akan membuat direktori untuk user baru anda dengan nama yang sama dengan nama user baru anda di lokasi /home/test/ 
Setelah selesai, mari kita lihat lagi di file /etc/passwd dengan perintah "vim /etc/passwd" lagi, maka akan terlihat tampilan seperti di bawah:


disitu terlihat bahwa anda berhasil melakukan penambahan user baru di dalam sistem dengan nama user "test" yang memiliki user ID dan grup ID 1001 serta memiliki home direktori di "/home/test".

Untuk berganti user menjadi user test, anda bisa menjalankan perintah:

 su test 

kemudian masukkan password user test anda, jika berhasil, anda telah berganti user dari user sebelumnya ke user baru anda (user test). Untuk keluar dari user test, dan kembali ke user sebelumnya, anda bisa mengetikkan perintah:

 exit 

anda bisa juga melakukan kostumisasi lokasi dan nama folder home yang akan anda gunakan dengan perintah:

 sudo adduser [nama_user] --home [lokasi folder dan nama folder yang anda inginkan] 


anda bisa juga melakukan enkripsi folder home pada user baru anda agar tidak dapat dibaca oleh user lainnya, termasuk administrator sistem dengan perintah:

 sudo adduser [nama_user] --encrypt-home  

atau anda bisa juga menambah user tanpa harus membuat folder home dan memiliki password dengan perintah:

 sudo adduser [nama_user] --no-create-home --disabled-password 


Biasanya saya membuat user tanpa direktori home dan password tersebut untuk digunakan sebagai user file sharing dengan samba, karena file sharing samba memerlukan user yang harus terdaftar di sistem, tetapi user tersebut tidak saya beri hak akses untuk masuk ke dalam sistem selain layanan file sharing samba tersebut.

Anda juga bisa membuat User ID anda sendiri, jika tidak ingin user ID anda di generate oleh system dengan perintah:

 sudo adduser [nama_user] --id [nomer_id] 

anda juga dapat melakukan kombinasi-kombinasi dengan cara menggabungkan opsi-opsi diatas dalam satu perintah seperti yang saya tulis di bawah ini:

 sudo adduser test --no-create-home --id 12345

atau

 sudo adduser test --home /etc/test123 --id 12345 

Untuk tulisan selanjutnya saya akan menulis tentang bagaimana caranya menghapus user yang telah terdaftar di si sistem Ubuntu anda, yang tentu saja tetap melalui terminal/console.

Selamat mencoba menambah user anda sendiri ya :)

Berikut tutorial-tutorial yang mungkin menarik untuk anda baca:

 
Menambah User di Ubuntu Server/Desktop melalui terminal (Manajemen User - part 1) Menambah User di Ubuntu Server/Desktop melalui terminal (Manajemen User - part 1) Reviewed by Himawan Mahardianto on November 04, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.