Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Thursday, October 24, 2013

Mencerahkan tampilan di editor vim

Mungkin bagi banyak orang orang, editor text biasanya menggunakan gEdit, notepad, wordpad, itu jikalau kita sedang menggunakan Sistem operasi yang menggunakan GUI atau User interface seperti Windows, iOS, atau Linux Desktop. Akan tetapi bagi beberapa orang yang berkutat di bidang system administrator server, terutama di keluarga unix server, kita tidak akan disuguhi oleh antarmuka yang cantik dan didukung kerja mouse. Kita akan lebih sering menghadapi command prompt/terminal/console.

Melalui aplikasi console (aplikasi di keluarga linux/unix) tersebut kita harus melakukan berbagai macam konfigurasi layanan-layanan server, seperti web server (apache, nginx, lampp), proxy server (squid), firewall menggunakan editor text. Ada banyak editor text yang bisa digunakan, seperti vim, nano, vi dan lain sebagainya.

Di tutorial kali ini saya akan membahas seklumit tips bagaimana cara mencerahkan tampilan atau tulisan yang tertampil di editor vim. Secara default, tampilan editor text vim lebih gelap. Seperti yang tertampil pada gambar di bawah ini:


Berikut langkah-langkahnya:

1. Anda sudah harus memiliki aplikasi vim yang sudah terinstall sebelumnya, kemudian silakan pada terminal, anda buka file konfigurasi vim di "/etc/vim/vimrc" dengan perintah di bawah:

 sudo vim /etc/vim/vimrc

2. Kemudian hapus tanda petik dua di depan bagian set background=dark seperti tampilan di bawah ini:


menjadi seperti yang tertampil pada gambar di bawah ini:


silakan save dan buka lagi file yang akan di edit. Maka akan tertampil warna huruf yang tertampil menggunakan editor vim akan tampak seperti tampilan di bawah ini:


Semoga membantu dan silakan mencoba :)