Cara memaksa user lain logout di Ubuntu Server


Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat user lain yang sedang login di dalam Ubuntu server untuk logout secara paksa. Misalnya saya lupa mematikan login dari suatu komputer dan meninggalkannya terbuka, untuk melihat siapa saja yang sedang login saya tinggal menjalankan perintah:

 w

berikut ini hasilnya:


dari gambar di atas terlihat bahwa ada dua user dengan nama himawan sedang login dari jam 17.56 dan jam 18.55 .  Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa user himawan yang sedang login jam 17.56 adalah user yang ingin saya matikan, maka saya menjalankan perintah:

 who -u

perintah di atas digunakan untuk melihat process ID dari masing-masing user yang sedang berjalan, berikut ini hasilnya:


berdasarkan hasil diatas, terlihat bahwa user himawan yang login pada jam 17.56 memiliki PID 15035. Untuk membuat user tersebut logout saya menjalankan perintah:

 sudo kill 15035

melalui perintah tersebut, maka seharusnya user himawan yang login pada jam 17.56 sudah logout, untuk melihat hasilnya saya kembali menjalankan perintah:

 w

dan ini hasilnya:


Yak dari hasil di atas, berarti user himawan yang login pada jam 17.56 sudah ter logout sempurna, mudah bukan? selamat mencoba ya

Comments

imlanguages said…
It’s very informative and you are obviously very knowledgeable in this field. Thanks for sharing such an amazing post. I got so involved in this material that I couldn’t stop reading. I am impressed with your work and skill. Thank you so much. iPad Screen Repair Services in London.