Cara memaksa user lain logout di Ubuntu Server


Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat user lain yang sedang login di dalam Ubuntu server untuk logout secara paksa. Misalnya saya lupa mematikan login dari suatu komputer dan meninggalkannya terbuka, untuk melihat siapa saja yang sedang login saya tinggal menjalankan perintah:

 w

berikut ini hasilnya:


dari gambar di atas terlihat bahwa ada dua user dengan nama himawan sedang login dari jam 17.56 dan jam 18.55 .  Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa user himawan yang sedang login jam 17.56 adalah user yang ingin saya matikan, maka saya menjalankan perintah:

 who -u

perintah di atas digunakan untuk melihat process ID dari masing-masing user yang sedang berjalan, berikut ini hasilnya:


berdasarkan hasil diatas, terlihat bahwa user himawan yang login pada jam 17.56 memiliki PID 15035. Untuk membuat user tersebut logout saya menjalankan perintah:

 sudo kill 15035

melalui perintah tersebut, maka seharusnya user himawan yang login pada jam 17.56 sudah logout, untuk melihat hasilnya saya kembali menjalankan perintah:

 w

dan ini hasilnya:


Yak dari hasil di atas, berarti user himawan yang login pada jam 17.56 sudah ter logout sempurna, mudah bukan? selamat mencoba ya
Cara memaksa user lain logout di Ubuntu Server Cara memaksa user lain logout di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on July 07, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.