Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Monday, January 23, 2017

Cara menempelkan kode git di blogger post dengan template dynamic view


Kali ini saya ingin membahas bagaimana menempelkan kode PHP di postingan blogger atau blogspot yang menggunakan template dynamic view. Ada banyak cara  menempelkan skrip di dalam postingan blogspot seperti yang dibahas di link ini. Akan tetapi semuanya tidak berfungsi ketika saya menggunakan templat dynamic view ini. Kemudian saya berpikir mencoba menggunakan embedded skrip yang tersedia di gist pada github, dan pada akhirnya tetap tidak berhasil.

Hampir putus asa dan pada akhirnya saya menemukan cara lain yang akan saya tulis di tutorial ini, tetap memanfaatkan gist pada github tapi yang public gist ya, saya belum pernah mencoba yang secret gist. Saya lebih suka menggunakan git karena lebih fleksibel serta dapat ditempeli berbagai kode dari berbagai bahasa pemrograman.

Pertama anda harus tahu id Gist dari kode yang akan anda tempelkan. Misalnya saya ingin menempelkan kode git yang berlokasi di:

 https://gist.github.com/mahardianto/4cc645bf0352db90ea8a1a372fe8d9e0

skrip itu adalah skrip helloworld yang ditulis dengan bahasa PHP.

Gist ID saya dari skrip PHP hello word tadi menurut URL adalah:

4cc645bf0352db90ea8a1a372fe8d9e0

kemudian saya ubah ke penulisan di menu new post di blogspot dari mode compose ke mode HTML dan tinggal menambahkan kode berikut:

Loading ....

lalu ganti "GistID" dengan gist ID saya yang ingin ditempel di postingan blogspot, lalu di paling bawah pada postingan saya juga menambahkan kode berikut:

Loading ....

setelah itu klik tombol publish di blogspot dan hasilnya:

Loading ....

seperti yang anda lihat di postingan ini, mudah bukan, selamat mencoba ya dan terima kasih telah berkunjung :-)

No comments: