Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Wednesday, December 30, 2015

Secure Copy, menyalin file lewat jaringan antar komputer dengan SCP di Linux- Perintah Dasar Linux


Kalau di artikel sebelumnya saya menjelaskan bagaimana melakukan copy file lewat jaringan menggunakan mc, maka di tulisan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana menyalin sebuah file atau folder menggunakan aplikasi scp. Aplikasi scp ini memanfaatkan protokol SSH, sehingga komunikasi yang terjalin di dalamnya akan terenkripsi. Syaratnya ya anda harus memiliki layanan SSH server di host tujuan. Berikut langkah-langkahnya:

Menyalin sebuah file dari host sumber ke host tujuan:

Untuk melakukan tersebut, anda harus pastikan bahwa host tujuan memiliki layanan SSH server, dengan perintah nmap dengan format:

 nmap host_tujuan

hasil nmapnya terlihat seperti pada gambar di bawah ini:



dari gambar di atas tersebut, host tujuan saya beralamat 192.168.1.252 telah membuka layanan SSH server yang ditunjukkan dibukanya port 22. Kemudian saya akan melihat file apa yang akan saya salin ke host tujuan dengan perintah ls, sehingga hasilnya terlihat seperti pada gambar di bawah:


anda melihat list file dan folder dari kedua host, dimana sebelah kiri nantinya saya gunakan sebagai host tujuan, kemudian saya akan mencoba menyalin file test dari host sumber ke host tujuan (192.168.1.252), maka saya menjalankan perintah:

 scp test pi@192.168.1.252:/home/pi/

perintah di atas akan menyalin file test ke host 192.168.1.252 dengan lokasi /home/pi/ menggunakan user pi, berikut hasil menjalankan perintah tersebut:


dan berikut adalah hasil salinan file yang berhasil ditaruh di host tujuan:

mudah bukan?

Di step selanjutnya saya akan mencoba menyalin sebuah folder menggunakan scp:

Untuk menyalin sebuah folder dari sumber ke host tujuan, maka anda perlu menambahkan opsi "-r" tanpa tanda petik, sehingga perintahnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:

 scp -r RaspberryPi/ pi@192.168.1.252:/home/pi/

perintah tersebut akan menyalin folder raspberrypi dan seluruh isinya ke host 192.168.1.252 menggunakan user pi, nantinya hasil salinan tersebut ditaruh di lokasi /home/pi/. Berikut tampilan ketika perintah tersebut dijalankan akan terlihat seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


nha ini hasilnya di jendela sebelah kiri terlihat bahwa folder dan seluruh isi-nya sudah berhasil tersalin ke folder tujuan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Selamat mencoba ya... :-)

No comments: