Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Sunday, November 23, 2014

Membuat partisi diatas 2TB menggunakan parted lewat terminal di Ubuntu


Sudah lama sejak tulisan terakhir saya buat karena terdapat beberapa kesibukan yang tidak bisa di tawar sehingga blog ini sedikit terbengkalai. Kali ini saya ingin menuliskan tutorial untuk membuat partisi baru dengan aplikasi parted di Ubuntu Server. Kenapa memilih parted dan tidak menggunakan aplikasi fdisk seperti yang pernah saya tulis di tutorial sebelumnya? Karena aplikasi fdisk memiliki keterbatasan yaitu hanya dapat mengakomodasi partisi dengan besaran maksimal 2TB, jikalau anda memiliki harddisk 4TB, maka hanya 2TB saja yang akan di baca dan di partisi untuk dapat digunakan oleh aplikasi fdisk, sayang bukan? Disini saya memiliki harddisk dengan kapasitas 16TB dari gabungan 9 buah harddisk 2TB menggunakan hardware RAID 5, katakanlah /dev/sdc yang kemudian saya ingin membuat satu partisi besar dari situ.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Jalankan perintah:

 sudo parted /dev/sdc

hasilnya seperti yang tertampil pada gambar di bawah untuk memulai:


Anda akan dibawa masuk ke shell parted seperti yang terlihat pada gambar di atas.

2. Kemudian jalankan perintah:

 mklabel gpt

pada partisi /dev/sdc tersebut, lalu anda akan diverifikasi, apakah akan membuat label partisi GPT, seperti pada gambar di bawah:



Jawablah yes, kemudian ENTER

3. Untuk melihat partisi tabel apakah sudah ada yang dibuat sebelumnya, anda bisa menalankan printah:

 print

berikut hasilnya dari menjalankan perintah  print seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Dari gambar tersebut terlihat bahwa anda berhasil melabeli partisi tersebut dengan GPT hanya saja belum terdapat satu buah partisi di dalam tabel. 

4. Untuk membuat partisi baru (/dev/sdc1) sebesar 16TB, jalankan perintah:

 mkpart primary 0GB 16TB

Kemudian ketik print untuk melihat hasil perintah mkpart (make partition primary type with 16TB  size ). Seperti yang terlihat pada gambar di bawah:


Setelah terlihat seperti pada gambar di atas, maka anda telah berhasil membuat sebuah partisi besar dengan kapasitas 16TB, silahkan ketik quit untuk keluar dari shell parted.

5. Untuk melihat format file apa yang telah terinstall di partisi tersebut, anda bisa menjalankan  perintah fdisk, dengan format:

 sudo fdisk /dev/sdc

Kemudian jalankan perintah print sehingga terlihat tampilan seperti gambar di bawah:



Dari situ anda dapat melihat file system partisi tersebut masih berlabel GPT. Silakan keluar dari aplikasi fdisk dengan mengetikkan huruf q lalu ENTER.

6. Silakan jalankan perintah mkfs.ext4 untuk memformat partisi tersebut dengan file system ext4 dengan menjalankan perintah seperti di bawah:

 sudo mkfs.ext4 /dev/sdc1

7. Saya menunggu agak lama, karena kapasitas partisi yang di format mencapai 16TB, setelah selesai, anda bisa melakukan perintah mounting untuk mengaksesnya. Jika anda tidak ingin setiap kali menjalankan perintah mounting setelah server restart, maka anda bisa mencoba tutorial ini untuk memaksa sistem melakukan auto mounting setelah restart.

Selamat mencoba dan semoga membantu.

Beberapa artikel terkait:

No comments: