Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Sunday, October 20, 2013

Tips tips menggunakan editor vim (part 1)

Dari postingan saya sebelumnya dengan judul "Teknik dasar menggunakan editor vim di console/terminal" , sudah dibahas tentang teknik dasarnya, kemudian pada tulisan kali ini, saya akan membahas tips-tips mempermudah penggunaan editor vim, biar anda lebih asyik dan expert lagi menggunakan aplikasi editor vim.

Jika anda mahir menggunakannya, maka aplikasi ini akan sangat membantu anda jika anda melakukan konfigurasi di komputer server Linux berbasis text (karena server Ubuntu/Linux lainnya umumnya hanya berbasis teks tanpa antarmuka grafis).
Ketika anda melakukan remote login pun, untuk melakukan konfigurasi anda juga dihadapkan pada antar muka yang berbasis text. Jadi menurut saya, pengetahuan penggunaan aplikasi editor berbasis console sangat lah penting untuk menunjang pekerjaan anda sebagai system administrator.

Selain enteng dan tidak begitu membutuhkan bandwidth yang besar, mungkin bisa membuat anda terlihat lebih "expert" dibanding menggunakan antarmuka grafis :P.

Jadi mari kita mulai saja, anggap saja anda sudah membaca artikel saya sebelumnya sehingga langsung klik dengan tulisan kali ini. Berikut salah satu tips tipsnya:

1.Mencari kata atau kalimat di dalam script menggunakan editor vim:

Ketika anda pada mode READ, anda dapat mencari sebuah kata atau kalimat yang terdapat di dalam script yang di edit dengan mengetikkan "/[kata atau kalimat][enter]", seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



lalu apabila kata/kalimat yang anda cari sudah ketemu, dan ingin mencari di baris selanjutnya, tinggal tekan saja tombol huruf "n", ketika mencapai baris paling bawah dan ingin kembali mencari kata tersebut dari atas, anda tekan saja huruf "n" lagi, maka kursor pencarian akan dimulai lagi dari baris paling atas, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


2. Menuju huruf di akhir sebuah kata, atau huruf di awal baris sebuah kata:
Ketika anda pada mode READ dan anda ingin melakukan perubahan kata di akhir baris di sebuah kalimat panjang dan kursor berada pada awal baris, anda bisa pencet tombol huruf "e" untuk menuju huruf akhir dari sebuah kata dan akan meloncat kata per kata hingga baris, atau tombol "b" untuk menuju pada huruf awal sebuah kata dan berfungsi sama dengan huruf "e".

3. Berpindah baris ke bawah atau ke atas, tanpa tombol penunjuk arah:

Trik ini berguna bagi anda melakukan remote login dan konfigurasi server anda  menggunakan handphone android, karena di handphone android tidak disediakan tombol petunjuk arah.

Anda dapat menggunakan tombol "CTRL+n" untuk turun 1 baris ke bawah, dan
Anda dapat menggunakan tombol "CTRL+p" untuk naik 1 baris ke atas.

4. Copy Paste

Copy Paste ini hanya menggunakan tombol "yy" untuk melakukan kopi per baris dan paste dengan tombol "p".

Misal anda ingin mengkopi beberapa baris sekaligus anda tinggal menambahkan jumlah baris yang akan di kopi sebelum memencet tombol "y",

Misalnya saja anda ingin melakukan kopi 5 baris ke bawah dari kursor, maka anda tinggal memencet tombol "4y" , lalu paste dengan tombol "p".

Jika anda ingin melakukan kopi 10 baris, maka anda tinggal memencet tombol "9y" dan paste.

Untuk tips-tips berikutnya akan ditulis di artikel saya selanjutnya, tetap stay tune ya :)

Tips lainnya:

No comments: