Tutorial Membuat vagrant box sendiri #3 - Konfigurasi sudo tanpa password di Ubuntu Server 18.04


Pada tahap ketiga ini, saya harus melakukan konfigurasi agar user (vagrant) yang akan digunakan bisa menjalankan perintah sudo tanpa perlu memasukkan password. Perintah sudo ini adalah perintah yang menurut saya powerfull. Kenapa powerfull? karena dengan perintah sudo ini seorang user bisa mengeksekusi perintah yang hanya bisa dijalankan oleh root. Root disini adalah user yang memiliki hak akses administrator system (dapat memodifikasi system). Untuk mengaktifkan salah satu fitur di vagrant box yang akan kita buat, diperlukan user vagrant yang bisa menggunakan sudo tanpa password. 

Berikut ini adalah seri tutorial membuat vagrant box sendiri:
  1. Konfigurasi virtualbox sebelum membangun virtual mesin.
  2. Cara Install Ubuntu Server 18.04.
  3. Konfigurasi sudo tanpa password di Ubuntu Server 18.04
  4. Install Virtualbox Guest Addition di Virtual Mesin.
  5. Install insecure public key di virtual mesin
  6. Membuat Vagrant box dari Virtual Mesin
  7. Instalasi Vagrant box dan uji coba Vagrant box yang dibuat.
Perintah apa saja yang bisa digunakan menggunakan sudo? Sebenarnya ada banyak dan salah satu contohnya adalah  perintah untuk merestart mesin. 

Format menjalankan perintah khusus dengan sudo adalah sebagai berikut:

 sudo <nama_perintah>

untuk penggunaan sudo salah satu contohnya seperti berikut:

 mkdir /testing

perintah di atas digunakan untuk membuat folder baru bernama testing dengan lokasi di / , jika tidak menggunakan sudo, maka perintah tersebut tidak akan di eksekusi, berikut ini hasilnya:


jika saya menggunakan perintah tersebut dengan tambahan sudo di depannya:

 sudo mkdir /testing

maka berikut ini hasilnya:


dengan perintah sudo tersebut, maka perintah pembuatan folder tersebut tetap dieksekusi dan tidak ditolak oleh system. Akan tetapi jika anda perhatikan, perintah sudo tersebut juga diirigi permintaan untuk memasukkan password user yang menjalankan perintah sudo.


Perlu juga anda ketahui, tidak semua user memiliki hak akses ke perintah sudo, hanya user yang terdaftar saja yang bisa menggunakan perintah sudo di depan perintah yang akan di eksekusi.

Untuk mendaftarkan user tersebut ke dalam perintah sudo, maka user yang akan di daftarkan harus masuk ke dalam grup admin dan grup sudo. Hanya saja artikel ini tidak membahas hal tersebut, artikel ini akan membahas bagaimana caranya user tidak perlu memasukkan password setiap kali menjalankan perintah sudo.

Berikut ini langkahnya, saya menjalankan perintah:

 sudo visudo

kemudian anda akan ditampilkan aplikasi editor untuk mengubah konfigurasi seperti berikut:


kemudian di dalamnya tambahkan konfigurasi berikut ini:

 vagrant ALL=(ALL:ALL) NOPASSWD: ALL

dan ubah konfigurasi

 %admin ALL=(ALL) ALL
%sudo ALL=(ALL:ALL) ALL

menjadi

 %admin ALL=(ALL) NOPASSWD: ALL
%sudo ALL=(ALL:ALL) NOPASSWD: ALL

lalu simpan dengan menekan tombol CTRL+x lalu tekan "y" untuk menyimpan dan sekaligus keluar dari editor. Untuk mengimplementasikan perubahnnya, silakan restart Ubuntu Server anda dengan perintah:

 sudo reboot

Maka dengan begitu, user vagrant tidak perlu lagi memasukkan password setiap kali menggunakan perintah sudo di depan perintah yang akan di eksekusi seperti ini:

 sudo rm -rf /testing

maka folder yang tadi dibuat akan dihapus tanpa perlu user vagrant memasukkan password seperti yang terlihat di tampilan di bawah ini:


mudah bukan, selamat mencoba ya dan terima kasih telah berkunjung.
Tutorial Membuat vagrant box sendiri #3 - Konfigurasi sudo tanpa password di Ubuntu Server 18.04  Tutorial Membuat vagrant box sendiri #3 - Konfigurasi sudo tanpa password di Ubuntu Server 18.04 Reviewed by Himawan Mahardianto on June 12, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.