Mengaktifkan HTTPS di blogspot yang menggunakan custom domain


Pagi ini saya diberi notifikasi bahwa sekarang custom domain milik blogspot telah mendukung https, woow. Apakah sebelumnya tidak support? Iya, blogspot yang mendukung custom domain saat itu (sekitaran tahun lalu) masih belum mendukung fitur https.

Apa itu custom domain pada blogspot? custom domain adalah domain pribadi tanpa menggunakan blogspot di URL address nya, biasanya jika kita membuat website berbasis blogspot, biasanya akan ada embel embel blogspot di URLnya, website ini pun aslinya bernama newbienote.blogspot.com. Lalu saya beli domain dengan nama newbienote.com lalu pada settingan saya ubah ke www.newbienote.com.

Bagaimana cara merubah domain blogspot ke custom domain? Anda bisa ikuti tutorial di bawah ini:

Menggunakan domain pribadi atau custom domain di blogspot

tetapi tutorial ini membahas bagaimana mengaktifkan https, maka berikut langkah-langkahnya:


Saya mendapatkan notifikasi bahwa fitur https di blogspot telah aktif seperti berikut:


kemudian klik link HTTPS Settings seperti yang tertampil di atas dan akan kelihatan menu setting seperti berikut:


ubah bagian menu https availability dari NO ke Yes seperti gambar di bawah ini:


Tunggu beberapa saat dan saya coba lagi akses website www.newbienote.com, dan terlihat website sudah menggunakan link https seperti gambar di bawah ini:


Mudah bukan? Selamat mencoba ya di website blogspot anda sendiri yang menggunakan custom domain. Terima kasih telah berkunjung :-)
Mengaktifkan HTTPS di blogspot yang menggunakan custom domain Mengaktifkan HTTPS di blogspot yang menggunakan custom domain Reviewed by Himawan Mahardianto on April 19, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.