Menggunakan domain pribadi di blogspot

Saat ini, seluruh internet sudah banyak dijejali dengan berbagai website, dari website pribadi, perusahaan, e-commerce sampai social network. Bahkan sekarang sudah menjadi sesuatu yang umum dimana seseorang memiliki website pribadi atau blog pribadi.
Biasanya, blog atau website pribadi tersebut bisa dibangun dari penyedia blog atau website gratisan (free) seperti blogger.com atau wordpress.com dan lain-lain. Apabila seseorang menggunakan blog dari wordpress.com, maka "nama domain" website pemakai akan menjadi sub-domain dari wordpress tersebut, hal tersebut berlaku juga untuk penyedia layanan blog gratis seperti blogger.com sehingga terlihat menjadi domainpribadi.blogspot.com atau domainpribadi.wordpress.com. 
Opsi lainnya, adalah pemilik juga bisa menyewa domain atau hosting di penyedia layanan sehingga mereka berhak memakai nama apapun untuk website atau blog mereka, selama nama blog atau website pribadi tersebut belum dipakai oleh seseorang atau suatu organisasi seperti domainpribadi.com, domainpribadi.info, domainpribadi.net dan lain-lain. 
Di tulisan ini saya akan membahas bagaimana kita menggunakan domain pribadi di layanan blogger, saya memilih blogger karena blogger mendukung fitur ini, dengan fitur itu saya tidak perlu menyediaka dana tambahan untuk menyewa hosting sebagai tempat menaruh blog pribadi saya dan dapat menghemat sedikit biaya :P. Pada tutorial ini, saya menyewa nama domain di idwebhost sebagai penyedia layanan. Berikut langkah-langkahnya:
1. Tentu saja anda harus sudah memiliki akun google dan membuka sebuah blog di blogger.com
2. Silakan login ke settingan blogger, kemudian klik setting seperti pada gambar di bawah:

3. Klik Setting->Basic seperti yang tertampil di menu sebelah kiri (seperti pada gambar di bawah):
4. Pada bagian Publishing klik add custom domain, seperti pada gambar di bawah ini:

5. Sehingga akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

Pada bagian setting, masukkan nama domain yang telah anda sewa lalu save, pada kasus ini saya menggunakan nama domain website ini, apabila belum terverifikasi dari google, anda akan mendapati pesan error dan anda akan diberikan "kunci" seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah untuk memverifikasi domain anda:


Jangan lupa disimpan, nantinya akan digunakan di setting penyedia domain anda (saya menggunakan idwebhost).

6. Langkah berikut anda masuk ke login penyedia domain anda, cari bagian manage DNS
, lalu pada bagian A record masukkan input seperti di bawah ini:


dan pada bagian CNAME Records masukkan inputan dari key yang anda dapat seperti gambar di bawah ini:


disini saya tidak menyertakan key-yang saya dapat karena telah terverifikasi sebelumnya, apabila nama domain anda belum terverifikasi, maka kedua key yang anda dapat harus anda masukkan di CNAME records dengan format host-name (bzeaqk4wy6lv) dan Value (gv-qfjmls5pvusupa.dv.googlehosted.com) *tergantung key yang anda dapat nantinya.

7. Setelah anda simpan, anda bisa kembali ke blogger.com lalu ulangi langkah nomer 2-5 di atas, sehingga akan tertampil tampilan seperti di bawah ini:


Jangan lupa centang bagian Redirect domainpribadi.com to www.domainpribadi.com sehingga setiap request di domainpribadi.com akan di redirect ke www.domainpribadi.com, lalu Save dan selesai.

8. Tunggu beberapa saat untuk google melakukan propagasi dengan nama domain anda, kemudian silakan buka command prompt dan silakan test dengan perintah nslookup seperti di bawah:

 nslookup newbienote.com

 apabila propagasi berhasil maka akan tertampil pada gambar di bawah hasilnya:


Cek kedua silakan menjalankan perintah:

 nslookup www.newbienote.com

hasilnya terlihat seperti di bawah ini jika berhasil:


 jika hasil nslookup anda tertampil mirip seperti tampilan di atas, berarti langkah2 yang anda lakukan telah berhasil mengubah domain dari blogger ke domain milik anda sendiri.

(sebagai contoh domain saya sendiri ) buka browser dan ketik www.newbienote.com atau newbienote.com maka anda akan melihat tampilan seperti berikut:


 Selamat mencoba dan semoga berhasil :P





Menggunakan domain pribadi di blogspot Menggunakan domain pribadi di blogspot Reviewed by Himawan Mahardianto on October 07, 2013 Rating: 5
Powered by Blogger.