Tutorial install dan konfigurasi PHP 5.6 di Ubuntu 16.04 LTS

Tutorial ini saya tulis karena tidak sengaja, karena saat itu saya ingin mengetahui cara install dan konfigurasi plugin network weathermap di cacti. Secara default di sistem operasi Ubuntu Server versi 16.04 LTS akan menggunakan PHP 7 saat kita menginstall aplikasi PHP tersebut ke dalam server. Jadi ketika anda mencoba untuk menginstall PHP 5.6 tersebut melalui repository default, anda tidak akan menemukan paket tersebut.

Berdasarkan requirements dari plugin network weathermap untuk aplikasi cacti yang membutuhkan PHP 5.6 (karena belum support PHP 7.x) untuk dapat berjalan normal, mau tidak mau saya harus mencari cara untuk menginstall PHP 5.6 tersebut ke dalam server.


Dari beberapa sumber saya menemukan cara untuk menggunakan PHP 5.6 yaitu saya harus menambah repositori baru(alternatif) ke dalamnya melalui perintah:

 sudo add-apt-repository ppa:ondrej/php

kemudian saya harus melakukan update agar server membaca ulang list repository (termasuk repository yang barusan saya tambahkan) dengan perintah:

 sudo apt-get update

baru kemudian saya lakukan instalasi  php 5.6 dengan perintah:

 sudo apt-get install php5.6 php5.6-mysql php-gettext php5.6-mbstring php-xdebug libapache2- 
mod-php5.6

tunggu sampai instalasi selesai, are we done? Beluuuuum, saya harus mengaktifkan modul PHP 5.6 tersebut terlebih dahulu melalui perintah:

 sudo a2enmod php5.6

kemudian jika anda sudah terlanjur menginstall PHP 7.x sebelumnya, maka anda harus mendisable terlebih dahulu agar web server tidak crash ketika di restart, dengan perintah:

 sudo a2dismod php7.0

setelah itu jalankan perintah dibawah ini agar secara default sistem akan menggunakan PHP 5.6 sebagai default eksekusinya:

 sudo update-alternatives --set php /usr/bin/php5.6

Okey, langkah terakhir adalah anda harus merestart web server apache dengan perintah:

 sudo service apache2 restart

nha sekarang baru selesai langkah-langkah instalasi dan konfigurasi php 5.6 di Ubuntu Server 16.04, untuk mengetesnya saya jalankan perintah:

 sudo php -v

jika anda menemui hasil seperti di bawah ini:


berarti server Ubuntu anda sudah berhasil menggunakan PHP 5.6 secara default. Mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga membantu. Sekarang saya kembali pusing untuk instalasi dan konfigurasi plugin cacti network weathermap T__T .





Tutorial install dan konfigurasi PHP 5.6 di Ubuntu 16.04 LTS Tutorial install dan konfigurasi PHP 5.6 di Ubuntu 16.04 LTS Reviewed by Himawan Mahardianto on December 11, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.