Cara menganti password user samba


Setelah kemaren saya menuliskan cara menambah user samba, maka kali ini saya akan menuliskan bagaimana caranya mengganti password user samba yang sudah ada.

Berikut ini ada beberapa tutorial tentang layanan SAMBA yang bisa anda baca:
  1. Panduan membangun layanan folder sharing dengan samba di Ubuntu Server
  2. Cara mengakses layanan samba dari terminal atau console
  3. Cara membuat network drive di windows dari layanan samba
  4. Membangun layanan folder sharing samba tanpa password
  5. Tutorial membangun layanan samba dengan multi user
  6. Cara mengakses layanan folder sharing samba dari windows, linux desktop dan macOSX
  7. Panduan cara menambah user layanan SAMBA

Misalnya saya memiliki user samba bernama paijo, maka harus masuk ke dalam server samba melalui SSH, kemudian menggunakan user setingkat administrator, saya menjalankan perintah:


 sudo smbpasswd paijo

berikut hasilnya:


dari situ terlihat bahwa saya tidak perlu mengetahui password user paijo sebelumnya, saya tinggal memasukkan password baru untuk user samba paijo, lalu ENTER untuk mengaplikasikannya. 

Lalu bagaimana jika si user tersebut ingin mengganti passwordnya sendiri? Maka user paijo tersebut harus masuk ke dalam sistem operasi melalui SSH, kemudian menjalankan perintah:

 smbpasswd

setelah itu user paijo tersebut diminta untuk memasukkan password lama user samba sebelum bisa mendaftarkan password yang baru seperti yang terlihat di bawah ini:




jikapassword lama berhasil di verifikasi, maka user paijo berhak mengganti password tersebut. Mudah bukan mengganti password pengguna samba, selamat mencoba dan semoga membantu :-)
Cara menganti password user samba Cara menganti password user samba Reviewed by Himawan Mahardianto on December 18, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.