Cara menambah user baru untuk akses samba


Apa itu samba? samba adalah sebuah layanan file sharing yang tersedia di Linux. Aplikasi file sharing berbasis samba ini dapat diakses dari multi sistem operasi seperti Windows, MacOSX dan linux itu sendiri. Berikut adalah tutorial-tutorial samba yang pernah saya tulis sebelumnya:
  1. Panduan membangun layanan folder sharing dengan samba di Ubuntu Server
  2. Cara mengakses layanan samba dari terminal atau console
  3. Cara membuat network drive di windows dari layanan samba
  4. Membangun layanan folder sharing samba tanpa password
  5. Tutorial membangun layanan samba dengan multi user
  6. Cara mengakses layanan folder sharing samba dari windows, linux desktop dan macOSX

Maka pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara menambah user baru untuk mengakses layanan file sharing samba tersebut. Perlu anda ketahui, bahwa untuk menjadi user pengguna layanan samba, sebelumnya user tersebut harus sudah terdaftar sebagai user sistem operasi, jika belum, maka anda harus membuat dulu user tersebut di dalam sistem operasi.

Berikut ini yang akan terjadi jika saya menambah user samba baru dengan nama budi, dimana user budi tersebut belum terdaftar sebagai user di dalam sistem operasi yang menjalankan layanan samba:


Untuk menambah user baru ke dalam sistem operasi, anda bisa menjalankan perintah:

 sudo adduser paijo

nama paijo disini adalah nama user baru yang saya daftarkan ke dalam sistem operasi (bukan user samba). Kemudian saya masukkan password untuk user paijo dan informasi lainnya untuk melengkapi data user paijo di dalam sistem seperti berikut:


Setelah selesai, saatnya saya menambahkan user paijo tersebut ke dalam layanan samba, dengan menjalankan perintah:

 sudo smbpasswd -a paijo

dari perintah di atas anda akan diminta memasukkan password baru untuk mengakses layanan samba, anda bisa menggunakan password yang berbeda yang digunakan untuk masuk ke dalam sistem:


Maksud saya memberi password yang berbeda antara password paijo untuk sistem dan password paijo untuk samba adalah agar user paijo nantinya hanya mendapatkan hak akses untuk masuk ke layanan samba saja, dan tidak saya beri hak akses untuk masuk ke dalam sistem operasi.

Setelah user paijo untuk akses samba berhasil saya buat, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan user paijo ke dalam layanan samba melalui file konfigurasinya. Saya buka file smb.conf dengan perintah:

 sudo vim /etc/samba/smb.conf

kemudian di bagian konfigurasi layanan file sharing folder profiles berikut ini:

 [profiles]
 comment = Samba
 path = /home/himawan/samba
 guest ok = no
 browseable = yes
 create mask = 0777
 create directory mask = 0777
 directory mask = 0777
 valid users = himawan
 write list = himawan
 writeable = yes

Rencananya, saya akan menambahkan user paijo sebagai user yang hanya bisa mengakses salah satu layanan file sharing pada folder profiles, sehingga konfigurasinya menjadi seperti di bawah ini:

 [profiles]
 comment = Samba
 path = /home/himawan/samba
 guest ok = no
 browseable = yes
 create mask = 0777
 create directory mask = 0777
 directory mask = 0777
 valid users = himawan
 write list = himawan
 read list = paijo
 writeable = yes

selesai memasukkan user paijo, konfigurasi tersebut saya simpan dengan menjalankan perintah

 [ESC] :wq

apakah setelah itu saya langsung bisa menggunakan user paijo yang saya buat untuk akses layanan file sharing samba? oh tentu belum, saya harus merestart layanan file sharing samba tersebut dengan perintah:

 sudo service smbd restart

agar perubahan file konfigurasi tersebut dibaca ulang oleh server dan user paijo berhasil diaktifkan. Selesai restart, maka saya baru bisa masuk ke layanan file sharing menggunakan user paijo. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Cara menambah user baru untuk akses samba Cara menambah user baru untuk akses samba Reviewed by Himawan Mahardianto on December 17, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.