Tutorial install cacti aplikasi monitoring di Ubuntu Server


Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan bagaimana cara install aplikasi cacti untuk monitoring di Ubuntu Server. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi MRTG yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya di artikel:

Cara install aplikasi monitoring jaringan dengan MRTG di Ubuntu Server

Keduanya sama-sama aplikasi monitoring dengan antarmuka berbasis web. Untuk melakukan monitoring, cacti dan mrtg sama sama memanfaatkan SNMP agent pada host yang akan di monitoring. Hanya saja keunggulannya dibanding aplikasi MRTG adalah kelengkapan plugin yang bisa ditambahkan ke dalam aplikasi cacti ini, hal ini memungkinkan kita untuk memperlengkap kebutuhan monitoring kita.

Secara default (tanpa tambahan plugin), cacti dapat memonitor jaringan, pemakaian storage, CPU, memory, dan user login. Lumayan lengkap juga kan? Selain itu data yang dimonitoring oleh cacti disimpan di dalam database MySQL sehingga memungkinkan kita bisa melihat data tersebut dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini yang tidak dimiliki oleh aplikasi semacam MRTG (penyimpanan data ke dalam database).

Graph hasil monitoring cacti juga bisa diperbesar untuk melihat detailnya, bisa dilihat berdasarkan host, atau dikelompokkan jenisnya hanya dengan beberapa klik menu. Tidak sabar untuk memulai, berikut langkah-langkahnya:

Sistem operasi yang saya gunakan untuk menginstall aplikasi cacti ini adalah Ubuntu Server 16.04 LTS. Sebelum saya melakukan instalasi cacti, saya harus memiliki beberapa layanan yang sudah terinstall sebelumnya, yaitu aplikasi:
  • MySQL Server, (versi 5.7) dan
  • Apache Web Server (versi 2.4).
Untuk melakukan instalasi kedua aplikasi di atas, anda bisa melihat tutorial di bawah ini:

Cara install MySQL Server di Ubuntu Server
Tutorial instalasi web server apache di Ubuntu Server

Setelah memiliki kedua aplikasi di atas, maka untuk memulai instalasi cacti, anda bisa menjalankan perintah:

 sudo apt-get install cacti

jika proses instalasi dimulai, anda akan melihat penampakan prosesnya seperti gambar di bawah ini:


kemudian tekan tombol Y, setelah itu sistem akan berproses menyelesaikan instalasi berserta dependensinya. Setelah berhasil maka akan muncul tampilan di bawah ini:


kita diminta untuk memilih web server yang akan digunakan untuk menampilkan hasil monitoring melalui cacti. Karena saya menggunakan apache, maka tentu saja saya memilih apache di opsi tersebut. Berikut proses instalasi-nya:


pada proses selanjutnya seperti yang ditampilkan pada gambar di atas, aplikasi cacti akan membuat database di dalam MySQL server yang telah disiapkan. Kemudian proses selanjutnya kita diminta untuk membuat password yang akan digunakan pada database seperti pada gambar di bawah ini:


Setelah itu akan ada verifikasi password dari inputan sebelumnya, untuk memastyikan password yang tadi dimasukkan benar-benar sesuai:


setelah itu proses instalasi di dalam server selesai, langkah selanjutnya adalah konfigurasi antarmuka cacti, silakan buka browser, kemudian ketikkan URL cacti dengan format:

 http://alamat_server/cacti/

apabila instalasi tadi berhasil diselesaikan, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:

klik NEXT, maka akan tampil proses berikutnya yaitu verifikasi instalasi, apakah instalasi baru atau upgrade, seperti di bawah ini:

Pilih New Install kemudian klik Next, setelah itu akan muncul verifikasi apakah seluruh dependensi yang dibutuhkan sudah terinstall atau belum speerti pada gambar di bawah ini:


Jika semua sudah terinstall dependensinya maka akan terlihat seperti pada gambar di atas, jika sudah begitu, klik FINISH untuk menyelesaikan konfigurasinya. Setelah itu anda akan di redirect ke halaman login pertama kali aplikasi cacti seperti di bawah ini:

Untuk user dan password standart pertama kali adalah:
  • user: admin
  • password: admin
Setelah itu untuk keamanan, anda akan diminta langsung mengganti password tersebut di halaman selanjutnya seperti di bawah ini:

setelah anda berhasil mengganti password, anda akan di arahkan ke halaman utama aplikasi cacti seperti di bawah ini:


Untuk melihat hasil monitoring, anda bisa mengeklik tab "Graph" di atas sehingga akan terlihat tampilan hasil monitoring seperti di bawah ini:


Yup, tutorial instalasi ini telah selesai, pada kesempatan berikutnya saya akan menuliskan cara melakukan konfigurasi cacti client atau host yang akan di monitoring di aplikasi cacti ini. Selamat mencoba dan semoga membantu.
Tutorial install cacti aplikasi monitoring di Ubuntu Server Tutorial install cacti aplikasi monitoring di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on November 18, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.