Cara mengaktifkan layanan SNMP di Windows 10


Tutorial praktis tentang SNMP dan monitoring menggunakan cacti yang sudah saya tulis sudah ada beberapa seri sebelumnya yang bisa anda ikuti dan bisa anda baca antara lain:

Maka pada bagian ini saya akan menuliskan bagaimana mengaktifkan layanan SNMP pada windows 10. Tujuannya adalah agar windows 10 dapat di monitoring oleh aplikasi Cacti.

Selain itu anda juga sebaiknya membuat agar windows 10 bisa di ping, hal ini dikarenakan aplikasi cacti yang saya konfigurasi juga menggunakan aplikasi ping untuk memonitor si windows 10. Cara agar windows 10 bisa di ping bisa anda ikuti di tutorial berikut ini:

Tutorial membuat aturan firewall di windows 10 untuk memperbolehkan ping dari komputer lain.

Untuk mengaktifkan SNMP silakan ikuti panduan dan langkah-langkahnya di bawah ini:

Pertama-tama silakan menuju menu Program and Features (bagian uninstall software) di control panel. Kemudian silakan buka menu Turn Windows On or Off di menu sebelah kiri (yang saya lingkari):


Setelah itu akan muncul menu windows features seperti di bawah ini:


Kemudian cari opsi SNMP lalu beri tanda centang dan klik OK. Apakah sudah selesai? Ternyata masih ada beberapa langkah yang harus dilakukan, silakan di menu windows klik aplikasi services management seperti yang tertampil di bawah ini:


Setelah itu akan terlihat windows management services seperti di bawah:


Silakan cari services SNMP kemudian klik kanan dan pilih menu properties, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

di menu selanjutnya saya akan melakukan konfigurasi layanan SNMP yang berhasil diaktifkan seperti di bawah ini:


pada tab security, silakan klik menu Add untuk menambah community baru, lalu kemudian akan muncul windows konfigurasi Communities seperti di bawah:


Saya buat community SNMP dengan nama windows client dan hak akses read only, kemudian klik Add, setelah itu, silakan pilih opsi Accept SNMP packet from any hosts, sehingga seluruh konfigurasinya terlihat seperti berikut:


Jika sudah begitu, simpan dan implementasikan konfigurasi dengan menekan tombol apply dan OK dan anda sudah berhasil mengaktifkan layanan SNMP dengan community windows client, langkah selanjutnya tinggal melakukan konfigurasi di aplikasi cacti-nya yang akan tulis sebagai topik di tutorial selanjutnya. Mudah bukan? Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung.
Cara mengaktifkan layanan SNMP di Windows 10 Cara mengaktifkan layanan SNMP di Windows 10 Reviewed by Himawan Mahardianto on November 28, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.