Cara agar windows 10 bisa di ping

Kemaren saya penasaran, kenapa komputer rekan kerja yang menggunakan windows 10 tidak bisa di ping, padahal komputer tersebut aktif di jaringan. Praduga saya awalnya adalah karena firewall atau antivirus. Benar dugaan saya, setelah saya cek, ternyata secara default firewall di windows 10 ini melakukan blocking (DROP packet) terhadap komunikasi ping yang masuk (inbound). Sehingga ketika saya yang melakukan ping terhadap si windows, hasilnya host sumber tidak mendapatkan reply seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Saya memerlukan si windows 10 tersebut bisa di ping untuk mengetest koneksi jaringan dan keperluan monitoring lainnya.



Komputer target yang menggunakan sistem operasi windows dikonfigurasi dengan alamat IP 192.168.2.13/24, berdasarkan hasil tampilan di atas, terlihat bahwa komputer sumber (inspiron-one) tidak mendapatkan balasan (reply) dari komputer target (100% packet loss). 

Lalu bagaimana solusinya? Apakah saya harus menonaktifkan firewall di Windows 10 agar si target dapat di ping? Menurut saya itu bukan ide yang bagus, lalu bagaimana caranya agar windows 10 tersebut dapat di ping? Berikut langkah-langkahnya:

Masuk dulu ke komputer target (windows 10), lalu search firewall di start menu windows 10 seperti yang terlihat di bawah ini:


kemudian akan muncul tampilan menu firewall seperti di bawah ini, perhatikan menu di sebelah kiri:


setelah itu, klik advance setting seperti yang saya lingkari merah tersebut, maka akan muncul windows konfigurasi firewall seperti berikut:


Kemudian pada menu sebelah kiri, saya klik inbound rules sehingga terlihat tampilan selanjutnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Langkah selanjutnya adalah membuat aturan firewall baru di windows, dengan cara mengeklik New Rule pada menu sebelah kanan, kemudian anda akan dihadapkan pada wizard pembuatan firewall rule seperti berikut:


Silakan klik opsi custom seperti tampilan di atas, kemudian klik NEXT, hingga muncul lahkah selanjutnya:


Klik opsi All Programs kemudian klik Next, lalu perhatikan menu selanjutnya (Konfigurasi Protocol and Ports):



Pada opsi select Protocol type, pilih ICMPv4 kemudian klik Next:


Lalu pada windows selanjutnya anda akan diminta menetapkan dimana aturan (firewall rule) tersebut diterapkan, saya memlih opsi Any IP address pada seluruh opsi sesuai dengan gambar di atas, kemudian klik next:


Lalu pada langkah selanjutnya (tampilan di atas) anda akan diminta aksi apa yang akan sistem lakukan si windows menemui kondisi sesuai aturan yang dibuat, saya memilih Allow the connection kemudian klik Next:


Kemudian pada opsi selanjutnya anda diminta untuk memilih dimana aturan forewall itu diterapkan di dalam sistem jaringan(Domain, Private atau Public), saya memilih semuanya seperti tampilan di atas, kemudian klik Next:


Langkah terakhir (di tampilan di atas) anda harus menamai aturan firewall di akhir wizard, saya menamainyan Enable ping inbound, kemudian klik Finish. Setelah itu saya mencoba melakukan ping ke target Windows 10 untuk mengetest firewall yang barusan saya buat:


Dari hasil di atas, maka terlihat bahwa konfigurasi firewall yang saya buat (tambahkan) di Windows 10 telah berhasi diimplementasikan tandanya adalah windows 10 (target host) tersebut bisa membalas ping yang saya lakukan dari komputer sumber. Mudah bukan, selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung. Jika anda ingin tahu lebih tentang firewall, mungkin anda tertarik membaca tulisan tentang firewall lebih lanjut, dan berikut adalah kumpulan tulisan-tulisan di blog ini yang membahas tentang firewall di Ubuntu Server:

Cara agar windows 10 bisa di ping Cara agar windows 10 bisa di ping Reviewed by Himawan Mahardianto on November 26, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.