Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Wednesday, March 08, 2017

Cara membuat permanen konfigurasi iptables firewall di Ubuntu Server


Umumnya di sistem operasi Linux seperti Ubuntu memanfaatkan aplikasi iptables untuk membangun firewall, aplikasi ini ada secara default di dalam sistem operasi, jadi kita tidak perlu melakukan instalasi apapun. Untuk beberapa teknik dasar menggunakan firewall, pernah saya tulis di artikel sebelumnya yang berjudul:
Hanya saja setiap kali anda melakukan restart komputer, konfigurasi firewall dengan iptables itu akan hilang, sehingga kita harus melakukan konfigurasi lagi. Lalu bagaimana caranya agar konfigurasi itu menjadi permanen (tersimpan) dan tidak hilang ketika terjadi restart? Beirkut langkah-langkahnya:

Untuk menyimpan konfigurasi firewall dengan iptables di sistem, kita perlu menggunakan aplikasi tambahan dengan nama iptables-persistent. Aplikasi ini harus diinstall terlebih dahulu, karena saya menggunakan sistem operasi Ubuntu Server, maka saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo apt-get install iptables-persistent

ketika proses instalasi anda akan diminta memilih opsi seperti berikut:


anda diminta apakah akan menyimpan konfigurasi iptables saat ini di alamat IPv4? pilih yes, lalu langkah berikutnya anda juga akan diminta memilih opsi yang sama untuk konfigurasi alamat IPv6, pilih Yes juga:


misalnya anda sudah melakukan konfigurasi firewall dengan iptables, untuk menyimpan atau membuatnya permanen, anda tinggal menjalankan perintah:

 sudo service iptables-persistent save

cukup itu saja, silakan coba restart server anda, maka konfigurasi iptables anda tidak akan hilang karena sudah tersimpan secara permanen. Untuk menghapus konfigurasi yang tersimpan secara permanen tersebut bagaimana? silakan flush saja konfigurasi tersebut dengan perintah:

 sudo iptables -F

lalu jalankan lagi penyimpanan dengan perintah:

 sudo service iptables-persistent save

mudah bukan? Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

No comments: