Setting ILO 4 di server HP DL380 G8


Pada server HP (Hewlett Packard), umumnya di dalamnya terdapat sistem Integrated Light Out atau sering disingkat ILO. ILO merupakan sistem tambahan yang digunakan untuk mengelola hardware si server HP ini, baik untuk monitoring dan sebagainya dan tetap dapat diakses walaupun si server dalam keadaan mati. Apa mati? benar saya ulangi dalam keadaan power off (dengan catatan catu daya si server tida tercabut dari sumber listrik, dan kabel jaringan terhubung). Jadi kita tetap bisa mengakses si server manakala sistem operasi di dalamnya mengalami hang dan kita tidak dapat melakukan remote (SSH).

Pada server HP Generasi 8 yang saya gunakan di dalamnya sudah terinstall ILO versi 4. Untuk setting dan cara aksesnya akan saya jelaskan di bawah:

Sistem ILO yang saya gunakan adalah ILO versi standart (bawaan si server), sedangkan server yang saya gunakan adalah HP DL380 G8. Untuk server ini, terdapat port RJ45 yang memang berfungsi untuk mengakses ILO. Dedicated ILO Port. Perhatikan gambar di bawah nomer 12:

 

Berikut langkah langkahnya:


Pertama anda hidupkan si server, ketika muncul pilihan seperti di bawah, silakan pilih F10 untuk masuk ke menu Intelligent Provisioning:


tunggu sebentar, kemudian setelah masuk anda akan melihat tampilan seperti di bawah:


 kemudian saya konfigurasi seperti yang terlihat di bawah ini:


untuk port 1 saya konfigurasikan dengan alamat 192.168.0.250, dan port iLO saya konfigurasikan ke alamat 192.168.0.200. setelah itu klik tanda panah > di bawah, sehingga muncul tampilan seperti berikut:


itu berarti iLO sudah berhasil di konfigurasi dengan alamat 192.168.0.200, setelah itu klik tanda panah > di bawah kanan, kemudian akan muncul menu berikut:


saya pilih untuk tetap mengaktifkan menu intelligent provisioing, kemudian klik tanda panah > di bawah, kemudian muncul tampilan menu berikut:


Ternyata permintaan register si server, saya pilih register later, lalu klik tanda panah di pojok kanan bawah, sehingga masuk ke menu berikutnya:


pada tampilan ini saya memilih menu perform maintenance untuk membuat akun iLO agar saya dapat masuk ke dalam system iLO melalui jaringan, setelah klik akan masuk ke tampilan selanjutnya:


pada tampilan ini, untuk menambah user akses iLO saya pilih menu iLO Configuration, sehingga akan tertampil tampilan di bawah ini:


setelah itu, saya pilih opsi Add User dari menu yang tertampil di sebelah kiri, sehingga tertampil tampilan berikut:


saya isi user name, password dan lainnya seperti terlihat di bawah ini:


kemudian klik tombol add di pojok kanan bawah, setelah itu silakan klik exit. setelah exit, silakan klik tombol ON/OFF di pojok kanan atas, sehingga muncul menu seperti berikut:


setelah itu pilih menu reboot, maka server akan segera restart, dari komputer lain, anda bisa mengakses iLO melalui alamat 192.168.0.200 tadi, sehingga tertampil tampilan seperti berikut:

klik menu advance, kemudian klik tombol add exception seperti di bawah:

setelah itu akan muncul pop up seperti berikut:


silakan klik tombol confirm Security Exception, maka di browser anda akan di redirect ke halaman login iLO seperti berikut:


masukkan user password yang tadi sudah di buat, jika berhasil login, maka akan terlihat tampilan menu utama iLO seperti berikut:


anda bisa melihat status hardware server yang anda akses melalui iLO tersebut seperti berikut ini:


Dengan iLO anda juga dapat memonitoring hardware server, mematikan, menghidupkan, atau merestart server secara remote. Selamat mencoba ya, terima kasih telah berkunjung :-)

Comments

Unknown said…
bisa minta nomor WA nya gan ? saya mau tau tentang ILO lebih lanjut karna saya juga newbie banget
maaf tidak bisa, tapi anda bisa korespondesi lewat email
Raffi said…
Kalau install ulang server melalui ilo bisa gak bang...?
sharingilmu said…
Email bang ?
Mau tanya" server hp khususnya dl380 gen9
Unknown said…
kalau server nya sudah dalam keadaan hidup gimana
Install ulang server pakai iLO kayaknya pake fitur intelligent Provisioning-nya, bisa email ke mahardianto@gmail.com, ya setting iLO memang server dalam keadaan hidup tetapi sebelum masuk ke OS