Cara menghapus seluruh konfigurasi iptables firewall di Ubuntu Server


Jika di tutorial sebelumnya saya menjelaskan bagaimana menghapus salah satu aturan konfigurasi firewall iptables, maka kali ini saya akan menunjukkan cara menghapus seluruh aturan pada suatu tabel (FILTER, NAT, MANGLE). Misal saya lihat dulu isi aturan firewall di tabel FILTER dengan perintah:

 sudo iptables -t filter -L

maka hasilnya seperti berikut:


dari hasil di atas terlihat bahwa tabel filter memiliki aturan firewall di sub tabel OUTPUT dan sub tabel INPUT.

Misalnya saya ingin menghapus seluruh aturan di subtabel INPUT dari tabel filter, maka saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo iptables -t filter -F INPUT

maka hasilnya jika dilihat menggunakan perintah:

 sudo iptables -t filter -L

terlihat seperti berikut setelah dihapus:


dari hasil di atas terlihat bahwa seluruh aturan firewall iptables di subtabel INPUT sudah hilang, kita tidak perlu menghapusnya satu per satu. Lalu bagaimana jika saya ingin menghapus seluruh konfigurasi di tabel input dan seluruh subtablenya? Saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo iptables -t filter -F

maka seluruh aturan yang tersimpan di subtabel INPUT, OUTPUT dan FORWARD di tabel filter akan terhapus. Perlu anda ketahui, bahwa opsi -F yang digunakan untuk menghapus aturan firewall bermakna flush.





Cara menghapus seluruh konfigurasi iptables firewall di Ubuntu Server Cara menghapus seluruh konfigurasi iptables firewall di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on March 16, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.