Fungsi constraint foreign key di database MySQL



Meneruskan beberapa tutorial sebelumnya yang membahas tentang constraint di MySQL:

kali ini saya akan membahas fungsi constraint FOREIGN KEY di MySQL. constraint ini berfungsi untuk menghubungkan data antara tabel. Sehingga tabel yang dibuat tidak terlalu besar jadinya. Pemisahan tabel yang besar menjadi beberapa tabel kecil-kecil yang saling terhubung disebut normalisasi. Tapi disini saya tidak akan membahas tentang normalisasi. Untuk lebih jelasnya tentang constraint FOREIGN KEY akan saya jelaskan melalui ilustrasi di bawah:

Misalnya saya punya tabel yang berisi data film beserta lokasi rak penyimpanan dan kategorinya seperti berikut: 

kemudian setelah di normalisasi maka akan menjadi 3 tabel yang terlihat seperti berikut:


jika dihubungkan dengan FOREIGN KEY maka akan terlihat seperti berikut:

menggunakan referensi FOREIGN KEY maka data yang disimpan di dalam tabel film tersebut akan dihubungkan ke tabel rak dan tabel kategori. Salah satu fungsi FOREIGN KEY ini juga untuk mencegah tabel film tersebut diisi data di luar referensi data diluar data yang tersimpan di dalam tabel kategori dan tabel rak.

Sudah lebih jelas dengan fungsi constraint FOREIGN KEY ? Pada tutorial selanjutnya akan saya bahas bagaimana mengaplikasikannya ke dalam database MySQL. Terima kasih telah berkunjung.
Fungsi constraint foreign key di database MySQL Fungsi constraint foreign key di database MySQL Reviewed by Himawan Mahardianto on January 31, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.