Cara mengaktifkan wake on lan di Ubuntu Server


Kali ini saya akan membahas gaimana mengaktifkan wake on lan pada sistem operasi Ubuntu Server. Disini saya menggunakan Ubuntu Server 14.04 LTS pada server HP DL 120 Gen 9. Apakah bisa wake on lan digunakan di PC biasa terinstall ubuntu server? Bisa saja selama kartu jaringan anda mendukung fitur tersebut. Sebelum mengaktifkan fitur wakeonlan di Ubuntu, anda harus memastikan bahwa fitur wakeonlan di BIOS sudah diaktifkan (enable) setelah itu baru dari sisi system operasi diaktifkan. Tutorial ini membahas pengaktifan fitur wake on lan dari sisi system operasi saja karena mengaktifkan fitur wakeonlan di BIOS ada berbagai cara tergantung mesinnya.

Pertama saya ingin melihat ada berapa kartu jaringan di server dengan perintah:

 ifconfig

maka hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini:


Dari hasil di atas itu kita  bisa melihat bahwa kartu jaringan yang digunakan di deteksi sebagai em1 bukan eth1 ,  maka untuk melihat fitur wake on lan saya menjalankan perintah:

 sudo ethtool em1

hasilnya adalah berikut:




anda lihat pada bagian Wake-on: d disitu terlihat ada huruf d itu berarti fitur wake on lan  belum diaktifkan di sistem operasi. Untuk mengaktifkan, maka kita menjalankan perintah:

 sudo ethtool -s em1 wol g

maka hasilnya setelah menjalankan perintah itu seperti berikut:


dari situ, anda bisa melihat keterangan Wake-on: g maka itu berarti fitur wake on lan sudah diaktifkan di system operasi Ubuntu Server 14.04 LTS.

Untuk membuat konfigurasi tersebut permanen, buka file /etc/network/interfaces kemudian tambahkan konfigurasi "up ethtool -s em1 wol g" seperti di bawah ini:


 auto em1
 iface em1 inet static
        address 192.168.0.251
        netmask 255.255.255.0
        gateway 192.168.0.254
        up ethtool -s em1 wol g

maka setelah restart, konfigurasi fitur wakeonlan yangtelah diaktifkan pada system tidak hilang (tetap aktif).

Untuk mencoba fitur wake on lan anda perlu mematikan komputer yang akan diujicoba.

Untuk mengaktifkan komputer server dari LAN, maka diperlukan tools wake on lan dengan nama wakeonlan. Tools wakeonlan tersebut tidak serta merta ada secara otomatis di dalam system, jika anda belum menginstallnya, anda bisa install terlebih dahulu dengan perintah:

 sudo apt-get install wakeonlan

lalu dari komputer lainnya (misal sistem operasi Ubuntu Server juga) anda bisa menjalankan perintah wake on lan dengan tools yang terinstall tadi dengan format:

 sudo wakeonlan -i 192.168.0.251 5c:b9:01:7b:9b:13

maka komputer klien akan mengirimkan semacam magic packet ke komputer yang mati untuk menghidupkannya.

Oh iya setahu saya wake on lan ini hanya berlaku komputer yang sejaringan dan saya belum mencobanya dari komputer di kuar jaringan Selamat mencoba ya :-)

Cara mengaktifkan wake on lan di Ubuntu Server Cara mengaktifkan wake on lan di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on December 01, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.