Tips merubah password dan manipulasinya menggunakan terminal di Ubuntu Linux

Siapa sih yang tak kenal password dan cara menggunakannya? Password, secara umum digunakan sebagai kunci untuk  masuk ke dalam berbagai sistem (web, sistem operasi, aplikasi dan lain lain). Di sistem operasi Ubuntu, password juga digunakan untuk masuk ke dalam sistem atau untuk berganti user/pengguna. Pada artikel ini saya akan menjelaskan penggunaan aplikasi "passwd" untuk memanipulasi password melalui terminal di sistem operasi Ubuntu. Kenapa selalu lewat terminal? karena bisa diaplikasikan pada varian linux apa saja, seperti Ubuntu Dektop, Ubuntu Server, Linux Mint, Red Hat, SUSE Linux, Fedora dan lain-lain. 

Jadi mari kita mulai saja: 
1.Untuk merubah password user anda sendiri, anda bisa menjalankan perintah: 

 passwd

kemudian anda akan diminta memasukkan password lama anda, baru kemudian anda disuruh untuk memasukkan password barunya. 

2. Merubah password lainnya, anda bisa menjalankan perintah: 

 sudo passwd [nama_user]

pada kesempatan ini, anda harus sebagai super user/root atau user yang memiliki level setingkat super administrator. 

3.Untuk memaksa user lainnya mengganti passwordnya, anda bisa menjalankan perintah di bawah: 

 sudo passwd -e [nama_user]

pada kesempatan ini, anda harus sebagai super user/root atau user yang memiliki level setingkat super administrator. User akan diminta mengganti passwordnya sesaat setelah user tersebut berhasil login. 

4.Untuk menghapus password user, anda selaku administrator bisa menjalankan perintah dibawah: 

 sudo passwd -d [nama_user]

dengan terhapusnya password user, maka user tersebut tidak memiliki password untuk masuk ke dalam sistem, bukan berarti user tersebut dapat masuk ke dalam sistem tanpa password, yang terjadi malah sebaliknya, selama user tersebut belum dibuatkan password, maka user tersebut tidak dapat digunakan untuk masuk ke dalam sistem, akan tetapi user tersebut tetap masih ada di dalam sistem. 

5. Untuk mengunci password user, anda selaku administrator bisa menjalankan perintah: 

 sudo passwd -l [nama_user]

perintah ini digunakan untuk mengunci password pada user, sehngga user tidak dapat menggantinya tanpa seijin administrator, untuk membuka kuncinya, anda bisa menjalankan perintah:

 sudo passwd -u [nama_user]


6. Anda juga bisa memaksa user mengganti password mereka setelah beberapa hari dengan menjalankan perintah: 

 sudo passwd [nama_user] -x 7

dengan perintah tersebut maka pada hari ke 8 dan seterusnya, user tersebut dipaksa mengganti passwordnya setelah masuk ke dalam sistem karena telah expired, dan password tersebut akan valid selama 7 hari terhitung setelah mengganti password sebelum kembali expired. 

7.Untuk memberikan peringatan kepada user untuk bersiap mengganti password, maka anda selaku administrator bisa menjalankan perintah: 

 sudo passwd [nama_user] -x 7 -w 5

dari perintah tersebut maka user akan diberi warning di hari ke 5 bahwa password user akan expired 2 hari lagi. 

8. Jika anda ingin user anda dapat mengganti password setelah "n" hari, maka anda selaku administrator bisa menjalankan perintah: 

 sudo passwd -n 3 [nama_user]

maka user tersebut tidak akan dapat mengganti passwordnya setelah 3 hari dari pergantian terakhir 

9. Jika anda ingin user tersebut tidak bisa masuk ke dalam sistem setelah password expired dan tidak menggantinya selama masa tenggang, anda bisa menjalankan perintah: 

 sudo passwd -i 3 -x 7 [nama_user]

dari perintah di atas, user tersebut memiliki masa tenggang 3 hari untuk mengganti password, jika tidak dilakukan, maka user tersebut akan di blok jika ingin masuk ke dalam sistem. Jika sudah terjadi, maka user tersebut bisa meminta tolong kepada administrator sistem untuk mengganti passwordnya. 

Bagaimana? menarik bukan, bermain-main dengan aplikasi manipulasi password menggunakan terminal. Semoga menambah pengetahuan anda. 

Beberapa artikel terkait: 

Comments

Unknown said…
Terimakasih banyak mas atas penjelasannya sangat membantu :)
sama-sama, terima kasih telah berkunjung