Cara install snap dan menggunakan snap di Ubuntu Server 18.04


Snap atau snappy adalah software manajemen yang dibangun oleh perusahaan canonical. Paket instalasinya disebut snaps dan tool yang digunakan untuk menjalankannya adalah aplikasi snapd. Pada dasarnya snap ini mirip tool yang sebelumnya ada yaitu apt-get dan tidak berusaha untuk menggantikannya. Apabila anda menggunakan Ubuntu Server 16.04 ke atas 18.04 etc, anda tidak perlu menginstall aplikasi snap ini, karena sudah termasuk di dalamnya. Berbeda ketika anda menggunakan Ubuntu Server mulai sebelum 16.04 kemudian anda upgrade hingga 18.04 seperti saya ini, aplikasi snap harus diinstall terlebih dahulu.

Untuk melakukan instalasi aplikasi snap ini, saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo apt-get install snapd

cukup itu saja, anda tunggu hingga selesai lalu coba jalankan perintah:

 sudo snap install hello-world

perintah di atas digunakan untuk menginstall aplikasi hello-world, perintah "snap install [nama_package]" digunakan untuk menginstall aplikasi sama mudahnya seperti apt-get. Untuk melihat apakah ada aplikasi snap yang perlu diupdate, saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo snap refresh --list

apabila tidak ada paket aplikasi snap yang perlu di update, maka tampilannya akan terlihat seperti berikut:

jika ada, maka anda tinggal menjalankan perintah:

 sudo snap refresh <nama_paket>

dengan perintah tersebut, maka kita bisa melakukan satu aplikasi saja yang diupgrade, tidak perlu seluruh aplikasi yang ada di system kita upgrade seperti saat kita menggunakan aplikasi apt-get.

Selain itu apabila anda ingin melakukan downgrade aplikasi yang diinstall dari snap, anda tinggal menjalankan perintah:

 sudo snap revert<nama_paket>

tools ini yang tidak ada di aplikasi apt-get (setahu saya), yaitu kemampuan snappy yang dapat melakukan downgrade versi aplikasi. Lalu bagaimana caranya jika saya ingin menghapus aplikasi yang telah terinstall? Saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo snap remove <nama_paket>

lalu bagaimana cara kita lihat aplikasi snap yang telah terinstall di server kita? saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo snap list

hasilnya terlihat seperti berikut:


di gambar itu anda bisa melihat aplikasi yang telah terinstall adalah core dari snappy dan aplikasi hello-world. Bagaimana? Mudah bukan menggunakan aplikasi snappy, dengan begitu anda mendapat tambahan opsi untuk melakukan manajemen aplikasi di Ubuntu Server.
Cara install snap dan menggunakan snap di Ubuntu Server 18.04 Cara install snap dan menggunakan snap di Ubuntu Server 18.04 Reviewed by Himawan Mahardianto on July 04, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.