Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Monday, November 06, 2017

Tutorial mendaftarkan atau adopsi akses point UNIFI AP AC LR ke controller


Sesuai janji saya di postingan sebelumnya yang berjudul "Cara install Unifi Controller di Ubuntu Server 16.04 LTS" maka di postingan ini saya menuliskan bagaimana caranya mendaftarkan akses point UNIFI AP AC LR ke dalam controller. COntroller ini berfungsi sebagai pusat command center seluruh perangkat akses point. Setelah di daftarkan, maka akses point tersebut dapat di konfigurasi dan di monitor melalui controller tersebut. Berikut penampakan fisik akses point yang akan saya daftarkan:


dari gambar di atas, terdapat adaptor POE, kabel LAN dan akses pointnya. Secara default  akses point tersebut menggunakan konfigurasi DHCP, rencananya saya menggunakan controller yang beralamat 192.168.0.254. Karena berbeda segmen, maka saya tambahkan router di antaranya sehingga terlihat seperti berikut topologinya:



pertama-tama saya harus mengetahui bahwa alamat IP akses point (saya lihat di router bahwa alamat DHCP yang diberikan adalah 192.168.1.33) sebelum masuk ke dalam akses point  unifi AP melalui SSH , default nama penggunanya adalah ubnt dan password ubnt.


di atas adalah tampilan ketika saya berhasil masuk ke dalam akses point melalui SSH.


Setelah masuk saya mencoba konektifitas unifi controller yang ber-alamat 192.168.0.254 dengan tools ping, berikut hasilnya:


dari tampilan di atas menunjukkan bahwa konektifitas akses point dengan server controller tidak ada masalah (komunikasi lancar). Sebelumnya saya menjalankan perintah:

 set-inform http://192.168.0.254:8080/inform

untuk melihat detail konfigurasi akses point unifi, da berikut hasilnya:


dari status terlihat bahwa akses point saya tidak ada yang mengontrol, maka untuk memberitahu controller agar akses point saya di adopsi, saya menjalankan perintah:

 set-inform http://192.168.0.254:8080/inform

hasilnya seperti tampilan di bawah:


setelah itu saya jalankan lagi perintah:

 info

berikut hasilnya:


dari status terlihat bahwa controller belum melakukan adopsi ke akses point. Cara mengadopsinya bagaimana? Saya harus masuk dulu melalui web ke dalam unifi controller pada alamat:

 192.168.0.254:8080

maka akan tertampil halaman login seperti berikut:


setelah berhasil login, saya klik menu device yang ada di menu samping kiri dengan icon berikut:


maka akan tertampil tampilan akses point yang belum di adopsi seperti berikut:


silakan klik tombol adopt sehingga hasilnya seperti terlihat berikut:


setelah itu jalankan lagi perintah di bawah pada koneksi SSH di akses point:

 set-inform http://192.168.0.254:8080/inform

perintah tersebut untuk untuk memastikan unifi controller mengadopsinya, sehingga tampilan staus akss point yang akan di adopsi di controller terlihat seperti berikut:

kemudian jika adopsi berhasil koneksi SSH akan terputus dan tampilan akses point pada controller akan terlihat seperti di bawah ini:


untuk melakukan konfigurasi akses point tersebut, silakan klik akses point tersebut, kemudian akan muncul windows konfigurasi di samping kanan seperti tampilan berikut:


pada tab konfigurasi (saya) bisa melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan jaringan yang diinginkan.

No comments: