Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Thursday, January 05, 2017

Tutorial konfigurasi Authenticated FTP Server di Ubuntu


Masih seputaran FTP Server, kali ini saya akan membahas bagaimana membangun FTP Server yang menggunakan otentikasi pada user sebelum menggunakan layanan FTP tersebut. aplikasi yang saya gunakan sebagai FTP server di Ubuntu adalah aplikasi vsftpd. Untuk memulainya jelas anda harus melakukan instalasi VSFTPD bagaimana caranya? anda bisa lihat di postingan sebelumnya:

Tutorial install FTP Server di Ubuntu

Setelah selesai melakukan instalasi, anda bisa salin dulu konfigurasi default sebelum melakukan perubahan dengan menjalankan perintah:

 sudo cp /etc/vsftpd.conf /etc/vsftpd.conf.default

setelah selesai membuat backup pada default konfigurasi, maka saya akan membuka dan membuat sedikit perubahan konfigurasi file vsftpd.conf dengan perintah:

 sudo vim /etc/vsftpd.conf

setelah berhasil dibuka dengan editor vim, saya kemudian menambahkan konfigurasi di bawah ini:

 write_enable=YES
 ftpd_banner=Welcome to FTP Server

Lalu untuk membuat user yang bisa mengakses layanan FTP server tersebut saya harus mendaftarkannya ke dalam system, karena user yang terdaftar sebagai FTP user adalah User system.

Untuk menambahkan user baru dengan nama testing tersebut saya menggunakan perintah:

 sudo adduser testing

hasilnya terlihat seperti gambar di bawah:


sebagai informasi user testing yang saya buat tersebut akan memiliki folder yang terletak di /home/testing/. Lokasi itu digunakan user untuk menaruh file ketika menggunakan layanan FTP Server.

Agar user testing tersebut hanya dapat menggunakan layanan FTP saja dan tidak bisa masuk kedalam server dengan layanan remote login SSH, maka saya juga harus melakukan sedikit modifikasi dengan mengubah shell user dengan perintah:

 sudo usermod -s testing /bin/false

perintah di atas digunakan untuk mencegah user masuk ke dalam FTP server menggunakan remote login SSH. Lalu saya juga harus mengubah konfigurasi otentikasi aplikasi vsftpd dengan menjalankan perintah:

 sudo vim /etc/pam.d/vsftpd

lalu cari bagian di bawah dan tambahkan # di depan baris:

 auth required pam_shells.so

sehingga terlihat menjadi:

 #auth required pam_shells.so

simpan, kemudian untuk mengaktifkan semua perubahan konfigurasi tersebut saya menjalankan perintah untuk merestart layanan FTP Server seperti di bawah ini:

 sudo service vsftpd restart

setelah itu saya akan mencoba akses FTP server dengan aplikasi FileZilla menggunakan user testing, sehingga hasilnya terlihat seperti berikut:


silakan coba untuk upload ke dalam FTP Server dan silakan juga coba untuk remote login mengunakan user testing tersebut. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)


No comments: