Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Saturday, January 14, 2017

Hasil penerapan replikasi Master Slave MySQL di Ubuntu Server


Berdasarkan ketiga tutorial sebelumnya, maka pada tulisan ini akan dibahas pembuktian replikasi dari hasil instalasi dan konfigurasi replikasi MySQL Server dengan hubungan Master Slave. Sebagai pengingat saya menggunakan topologi berikut:

saya anggap server MySQL Master dan MySQL Slave sudah menyala dan terkoneksi dengan  baik seperti yang ditunjukkan pada Tutorial sebelumnya. 

Langkah berikutnya adalah saya akan masuk ke dalam shell MySQL milik server MySQL Master menggunakan aplikasi mysql client lewat terminal dengan menjalankan perintah:

 mysql -u root -p

kemudian saya menggunakan database belajar (database yang saya konfigurasi untuk direplikasi) melalui perintah:

 use belajar;

setelah itu saya akan melihat struktur tabel profile yang telah dibuat di tutorial sebelumnya menggunakan perintah:

 DESCRIBE profile;

maka hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini:


dari hasil tersebut, diketahui susunan tipe data yang dapat diisi di tabel profile milik MySQL Master. Sebelum saya mengisi data di dalam server MySQL Master saya juga akan masuk terlebih dahulu ke dalam shell MySQL milik server MySQL Slave. Kemudian saya juga akan menggunakan database belajar. Setelah itu sebelum diisi data, saya akan mengecek isi tabel profile dengan perintah query berikut:

 SELECT * FROM profile;

perintah di atas saya jalankan di keuda server (Master dan Slave) maka hasilnya:


dapat anda lihat dari gambar di atas bahwa kedua server belum terisi data apapun, kemudian saya akan menjalankan query untuk mengisi data dengan format seperti di bawah dan query tersebut saya jalankan hanya di server Master MySQL:

 INSERT INTO profile VALUES (
 1, 'peter', 'peter@gmail.com
 );'

setelah perintah query di atas tersebut saya jalankan, maka saya juga mengulangi perintah query untuk melihat data di server Slave MySQL seperti di bawah ini:

 SELECT * FROM profile;

dari hasil kedua query di atas hasilnya terlihat seperti di bawah:


jika hasilnya seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, berarti replikasi server MySQL dengan hubungan Master Slave berhasil diterapkan. Tetapi ketika saya mencoba memasukkan data ke dalam server Slave MySQL, hasilnya adalah data berhasil masuk tetapi tidak direplikasi di server Master MySQL seperti yang terlihat di bawah ini:


Hal tersebut karena hubungan replikasi Master-Slave mengarah dari Master  ke Slave, dan tidak bisa sebaliknya (Slave ke Master). Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung.






No comments: